Jumat 11 Sep 2015 19:58 WIB
Penyerangan Masjid di Papua

Komnas HAM Minta Pemerintah Tepati Janji Keamanan di Tolikara

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Ilham
 Ketua Tim Penyelidikan Kasus Tolikara Maneger Nasution (kanan) menyampaikan temuan Komnas HAM terkait kasus Tolikara di Jakarta, Senin (10/8).   (Republika/Prayogi)
Ketua Tim Penyelidikan Kasus Tolikara Maneger Nasution (kanan) menyampaikan temuan Komnas HAM terkait kasus Tolikara di Jakarta, Senin (10/8). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Maneger Nasution meminta pemerintah merealisasikan jaminan keamanan untuk warga Tolikara, Papua dalam praktik keberagamaan. Maneger berharap negara hadir memberi perlindungan agar peristiwa pada pagi Idul Fitri 1436 Hijriyah lalu tidak terulang kembali.

"Negara mesti hadir dalam memberikan perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak-hak dasar warga negara, khususnya hak untuk kebebasan beragama," ujar Maneger dalam diskusi tentang intoleransi di Tolikara di Jakarta, Jumat (11/9).

Komnas HAM mengapresiasi langkah Menko Polhukam dan Kapolda Papua yang akan menjamin keberlangsungan peribadatan umat Islam pada shalat Idul Adha di Tolikara. Menurut Maneger, hal ini memang hal yang sepatutnya dipenuhi negara.

"Karena ini janji negara, maka kami akan mengawasinya. Kami berharap janji ini betul-betul diterapkan ke lapangan," ujar Maneger.

Maneger juga mendukung langkah Polda Papua yang akan berkoordinasi sejak awal dengan Pangdam Cenderawasih guna mewujudkan pengamanan seperti yang diharapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement