Selasa 08 Sep 2015 14:53 WIB

Transmigran Dinilai Lebih Terhormat daripada TKI

Rep: C02/ Red: Ilham
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Marwan Jafar
Foto: Kemendes
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Marwan Jafar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Marwan Jafar menilai menjadi transmigran lebih terhormat daripada menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang masih dirundung masalah.

“Apalagi proses pengirimannya semakin hari tidak membahagiakan. Sebab itu saya yakin transmigran adalah solusi bagi para pengangguran di Indonesia,” kata Marwan saat membuka ekspo transmigrasi di Kementeriaanya, Jakarta (8/9).

Menurutnya, program transmigrasi akan melahirkan para wirausahawan baru yang akan meningkatkan perekonomian nasional. Sebab itulah, pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh kepada wirausahawan di kawasan transmigrasi. Bahkan, program ini menjadi bagian terpenting yang harus disoliasisakan kepada masyarakat.

Ia juga menuturkan, dengan adanya transmiigrasi, sedikit banyaknya akan mampu menggerakan ekonomi Indonesia di level daerah, regional, dan nasional. Apalagi sekarang sudah banyak kisah sukses para transmigran yang ikut membantu kebangkitan ekonomi di level nasional.  

Selain meningkatkan peluang kerja dan melahirkan wirausahawan, program transmigrasi juga mampu meningkatkan semangat nasonalis dan solidaritas sesama anak bangsa. “Tentu, gerakan transmigrasi ini bisa menumbuhkan kohesifitas sosial. Anak-anak transmgran juga akan menjadi solusi nasional untuk perekenomian nasional,” katanya lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement