Sabtu 29 Aug 2015 12:32 WIB

'Masalah Utama Lalu Lintas Jakarta Masih Soal Kemacetan'

Rep: c26/ Red: Hazliansyah
 Usai libur lebaran, kemacetan lalu lintas kembali terjadi di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (27/7).   (Republika/Wihdan)
Usai libur lebaran, kemacetan lalu lintas kembali terjadi di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (27/7). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Andri Yansyah menyebut permasalahan lalu lintas di Ibu Kota masih sangat kompleks. Persoalan utama adalah kemacetan yang masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat.

"Masalah utama lalu lintas di Jakarta masih soal kemacetan," kata Andri saat dihubungi, Sabtu (29/8).

Banyak penyebab kemacetan di Jakarta belum dapat terselesaikan. Yang paling utama adalah banyaknya angkutan umum yang masih suka sembarangan dalam beroperasi. Misalnya 'ngetem' sembarangan ataupun menaikkan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya.

Selain itu angkutan pribadi juga berperan dalam sumber kemacetan. Volume kendaraan pribadi juga menambah kemacetan Ibu Kota. Padahal masyarakat sudah diimbau menggunakan angkutan umum yang sudha disediakan Pemprov misalnya bus Transjakarta.

Untuk itu, pihaknya bersama Pemprov DKI bekerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya membentuk Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Ini ditujukan untuk membantu mengatasi problematika lalu lintas di Ibu Kota. Forum ini diresmikan Jumat (28/8) kemarin oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Ke depannya forum ini berfungsi sebagai wahana untuk mensinergikan tugas pokok dan fungsi setiap instansi penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan. Pembentukan forum ini dalam rangka menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas lalu lintas.

"Dalam rangka menganalisis permasalahan, menjembatani, menemukan solusi, serta meningkatkan kualitas pelayanan dan bukan sebagai aparat penegak hukum," ujar Andri saat peresmian Forum LLAJ kemarin.

Ia menambahkan, lewat Forum LLAJ tingkat Provinsi DKI Jakarta, diinginkan koordinasi antar-instansi penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan semakin lancar. Koordinasi ini menjadi wadah bersama untuk mencari solusi dan terobosan dalam mengatasi berbagai masalah kompleks lalu lintas dan angkutan jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement