Kamis 27 Aug 2015 17:40 WIB
Capim KPK

Capim Independen-Berintegritas Wajib Lolos Tahap Selanjutnya

Rep: C07/ Red: Djibril Muhammad
Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP (kanan) menyalami ketua Pansel Capim KPK Destri Damayanti (kedua kiri) seusai mengikuti wawancara terbuka di hadapan Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK, Jakarta, Selasa (25/8).   (Antara/Yudhi
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP (kanan) menyalami ketua Pansel Capim KPK Destri Damayanti (kedua kiri) seusai mengikuti wawancara terbuka di hadapan Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK, Jakarta, Selasa (25/8). (Antara/Yudhi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat hukum dari Universitas Trisakti,  Abdul Fickar Hadjar mengatakan dari hasil wawancara terbuka para calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terdapat beberapa capim KPK yang berintegritas dan wajib lolos ke tahap selanjutnya.

"Ada beberapa capim yang layak lolos, terutama mereka yang tidak tersandera oleh masa lalu," ujar Abdul kepada ROL, Kamis (27/8).

Abdul menjelaskan, capim KPK yang tidak tersandera masa lalu adalah mereka yang independen yang paling minimal tidak mempunyai benturan kepentingan. Karena itu, lebih baik Pansel memilih capim Independen yang tidak memiliki loyalitas ganda.

Perlu diketahui, anggota tim Pansel Capim KPK, melakukan wawancara terbuka kepada 19 Capim KPK selama tiga hari dari (24/8) sampai (26/8). Sebelumnya, Pansel KPK telah mengumumkan 19 nama capim yang lolos ke tahap berikutnya.

Nantinya dari 19 nama itu akan dikerucutkan menjadi delapan nama. Kemudian delapan nama tersebut akan dikirimkan Presiden Jokowi ke DPR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement