Senin 24 Aug 2015 14:03 WIB

Buku Wajib Ahok Kala Debat dengan JJ Rizal (2)

Rep: Ratna Ajeng T/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejarawan JJ Rizal meminta Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama untuk menambah pengetahuannya soal sejarawan, Senin (24/8).

JJ Rizal mengunggah foto buku-buku yang harus dibaca Ahok karena mengejeknya sebagai seorang sejarawan yang tidak pantas bicara banjir. Rizal menunjukkan buku yang ditulis seniornya di UI, Ali Anwar.

Dia membahas soal sampah yang berjudul Konflik Sampah Kota diterbitkan 2003 lalu. Buku ini membahas penelitian komunitasnya pada pengelolaan sampah di Bantar Gebang.

"Sejarawan bicara fasih soal komik pak @basuki_btp coba #bacabukunya," kicau dia. Buku Komik Indonesia ditulis oleh Marcel Bonneff dari hasil penelitian disertasi dan tesisnya.

Sejarawan ini bahkan menerbitkan bukunya di Prancis 1974. Dia tak hanya menulis perkembangan sejarah komik Indonesia tetapi juga mengaitkannya dengan konteks sosial, ekonomi, dan politik antar waktu.

Sejarawan juga membahas agama Jaringan Ulama, Timur tnegah dan Kepulauan Nusantara abad XVII dan XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia. Azyumardi Azra seorang cendekiawan muslim juga sejarawan menulis sejarah soal islam di Indonesia dan kaitannya dengan Timur Tengah yang diterbitkan 2004 lalu.

Rizal juga meminta Ahok membaca tulisan sejarawan yang membahas bandit-bandit pedesaan tahun 1850- 1942. Buku berjudul Bandit-bandit Pedesaan Jawa, Studi Historis 1850-1942 ditulis oleh Suhartono W Pranoto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement