Kamis 20 Aug 2015 17:50 WIB

Muhammad Nuh: Pendidikan Modal Membangun Sebuah Bangsa

A'wan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mohammad Nuh.
A'wan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mohammad Nuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Penasihat (Advisory Council) IndonesiaX Prof Mohammad Nuh, mengatakan, pendidikan adalah modal dalam membangun sebuah bangsa serta bagian dari hak asasi manusia. Sehingga siapapun berhak mendapatkan pendidikan yang baik.

Menurutnya, saat ini ada dua persoalan esensial dalam dunia pendidikan di Indonesia, yakni akses dan kualitas. Persoalan pendidikan terkait dengan akses ialah mencakup terbatasnya ketersediaan (availability) dan keterjangkauan (affordability) sarana dan prasarana pendidikan.

Sedangkan persoalan dalam hal kualitas mencakup keterbatasan tenaga pengajar, kurikulum, sarana prasarana, dan tata kelola yang baik. “IndonesiaX adalah sebuah terobosan untuk mengatasi masalah keterbatasan sarana prasarana, yaitu gedung sekolah. Dalam teori konvensional, bangunan sekolah harus ada secara fisik, tapi sejak kita mengenal virtual domain atau dunia maya, hal tersebut tidak menjadi kendala," ujar Nuh kepada Republika di sela-sela peluncuran Massive Open Online Course (MOOC) sebagai ‘Persembahan untuk Negeri’ oleh IndonesiaX. Peluncuran itu bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, Senin, 17 Agustus 2015.

MOOC IndonesiaX merupakan sebuah platform pendidikan gratis secara online yang dapat diikuti siapa saja melalui situs www.indonesiax.co.id. Dalam menghadirkan MOOC, IndonesiaX bekerjasama dengan berbagai universitas dan perusahaan terbaik. Saat ini terdiri dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, PT Bursa Efek Indonesia, Rumah Perubahan, dan PT Net Mediatama Televisi. IndonesiaX terus berupaya menggandeng lebih banyak mitra lainnya, baik dalam maupun luar negeri, dalam rangka memajukan pendidikan melalui MOOC.

Di hari pertama peluncuran, IndonesiaX merilis program studi ‘Cyber Law: Rights and Obligations’ dari Universitas Indonesia, ‘Introduction to Stock Exchange’ dari PT Bursa Efek Indonesia, dan ‘Change Management’ dari Rumah Perubahan. Dalam waktu dekat, IndonesiaX juga akan meluncurkan MOOC program studi engineering dari Institut Teknologi Bandung, ‘Introduction to Broadcasting’ dari PT Net Mediatama Televisi, serta program studi menarik lainnya. MOOC IndonesiaX akan dibawakan oleh dosen perguruan tinggi terbaik serta top manajemen dari perusahaan-perusahaan ternama.

Lebih jauh Nuh menuturkan, kemajuan teknologi dan inovasi dalam dunia teknologi informasi telah menghadirkan fenomena ubiquitous (ada di mana-mana). Yaitu fenomena di mana informasi apa saja, yang diperlukan dalam dunia pendidikan, dapat diperoleh dalam waktu instan, tanpa harus membangun sarana prasarana fisik sekolah.

Menurut mantan menteri Pendidikan itu, infrastruktur yang dibutuhkan berbentuk konektivitas berupa jaringan internet. IndonesiaX adalah penyempurna pendidikan yang murni memanfaatkan teknologi informasi yang membantu masyarakat mendapatkan layanan pendidikan dengan memanfaatkan fenomena ubiquitous ini.

Lucyanna Pandjaitan, CEO dan Presiden Direktur IndonesiaX mengatakan, online course IndonesiaX mendemokratisasi cara belajar karena siapa saja yang terhubung dengan internet dapat mengikuti MOOC tanpa harus mendaftarkan diri di universitas atau pendidikan formal lainnya . “Kami senang dapat mempersembahkan terobosan dalam cara belajar di Indonesia. MOOC yang disediakan oleh IndonesiaX tak terbatas pada topik akademis, tapi juga berbagai topik keterampilan,” ujar Lucyanna.

Dean Jay Mathew, COO dan Direktur IndonesiaX menambahkan, IndonesiaX adalah cara belajar baru karena membawa universitas dan institusi terbaik yang kini berkesempatan membagikan pengetahuan mereka kepada masyarakat Indonesia melalui platform independen.

“Ini artinya, siswa dapat mencari segala macam program studi atau keterampilan yang menarik di satu tempat. IndonesiaX hadir untuk memberikan manfaat bagi siswa yang kini mendapatkan akses ke pendidikan terbaik dan dalam waktu bersamaan IndonesiaX bertujuan membantu universitas dan institusi pindah ke ruang digital dan mengembangkannya,” papar Dean.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement