Kamis 20 Aug 2015 12:08 WIB

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup

Rep: lilis sri handayani/ Red: Agus Yulianto
Gunung Ciremai
Foto: panoramio.com
Gunung Ciremai

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin menagatakan, akibat kebakaran hutan di puncak Gunung Ciremai, maka semua jalur pendakian ke gunung tertinggi di Jabar itu ditutup sejak Ahad (16/8). Jalur pendakian yang ditutup itu, baik yang berada di Kabupaten Kuningan maupun Kabupaten Majalengka. Penutupan dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

 

Meski demikian, Agus mengatakan, hingga kini pihaknya belum menetapkan darurat kebakaran dalam peristiwa tersebut. Upaya pemadaman pun masih terus dilakukan. Selain mengirimkan tim ke lokasi kebakaran, pihaknya menyiapkan pula berbagai kebutuhan logistik. “Banyak pula pecinta alam dari berbagai daerah yang sudah siap membantu,” ujarnya

Berdasarkan catatan Republika Online, kebakaran kerap melanda Gunung Ciremai di musim kemarau. Kebakaran besar di kawasan itu pernah terjadi pada pertengahan September 2006 dan Oktober 2006. Dari dua kali kebakaran tersebut, lahan yang terbakar mencapai sekitar 1.450 hektare. Semua peristiwa kebakaran itu terjadi di musim kemarau dengan cuaca panas dan tiupan angin kering yang mempercepat luasnya kobaran api.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement