Jumat 14 Aug 2015 22:13 WIB
Perayaan 17 Agustus

Bendera Merah Putih Sepanjang 500 Meter Berkibar di Gunung Ciremai

Rep: c10/ Red: Hazliansyah
Kawasan Gunung Ciremai
Foto: Wikipedia
Kawasan Gunung Ciremai

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Sejumlah anak-anak pecinta alam yang masih duduk di bangku sekolah menengah (SMA) telah mempersiapkan diri untuk mengibarkan bendera merah putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia di GUnung Ciremai, yang merupakan puncak tertinggi di Provinsi Jawa Barat (Jabar).  

Ketua Tim Kaldera dari SMA N 1 Arjawinangun, Denis (18 tahun) mengatakan, rencananya bendera merah putih sepanjang 500 meter dengan leber 1 meter akan dikibarkan di puncak Gunung Ciremai pada Senin, 17 Agustus 2015. Sebanyak 26 orang yang tergabung dalam tim Kaldera telah mempersiapkan pengibaran bendera terpanjang sejak awal Juni.

"Pengibaran bendera merah putih di puncak tertinggi Jawa Barat dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia," kata Denis kepada Republika, Jumat (14/8).

Denis menjelaskan, selain memperingati hari kemerdekaan, tujuan pengibaran bendera merah putih di puncak gunung juga untuk mempererat ikatan persatuan sesama pecinta alam. Sebagai generasi muda penerus bangsa, harus bersatu dan memiliki ikatan persudaraan yang kuat sesama generasi muda lainnya. 

Rencanannya tim Kaldera akan berangkat dari sekolah pada Sabtu (15/8). Diawali dengan upacara pelepasan oleh pihak sekolah. Kemudian mendaki ke Gunung Ciremai melalui jalur pendakian Palutungan di Kabupaten Kuningan. Jalur Palutungan sendiri memiliki panjang trek sekitar 9,2 km. Untuk membawa bendera ke puncak gunung, tim harus melakukan pendakian berjam-jam melalui jalur Palutungan.

Pada peringatan hari kemerdekaan, biasanya Gunung Ciremai ramai dikunjungi para pendaki. Ratusan pendaki biasanya memadati jalur pendakian Gunung ciremai. Diperkirakan ratusan pendaki juga akan ikut membantu mengibarkan bendera merah putih sepanjang 500 meter di puncak Gunung Ciremai pada 17 Agustus 2015.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement