Kamis 13 Aug 2015 01:58 WIB

Karawang akan Tambah RSUD

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Karta Raharja Ucu
Warga mendaftar program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Tebet, Jakarta, Rabu (5/8).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga mendaftar program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Tebet, Jakarta, Rabu (5/8).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan menambah rumah sakit umum daerah (RSUD). Penambahan ini, terkait dengan ‎berubahnya status RSUD Kabupaten Karawang menjadi rumah sakit regional. Karenanya, perlu ada penambahan RSUD dengan tipe C pada 2017 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Yuska Yasin, mengaku sedang menyiapkan RSUD tipe C. Lokasinya, nanti ada di Karawang bagian barat dan Karawang bagian timur.

Kemungkinan besar, rumah sakit ini akan dibangun di sekitar Rengasdengklok untuk bagian Karawang Barat. Lalu di sekitar Cikampek atau Telagasari untuk bagian timur.

Sehingga nanti, dua rumah sakit tipe C ini bisa terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai wilayah. "Saat ini, kita masih pemetaan," ujar Yuska, Rabu (12/8).

Rencana pembangunan ini, sebenarnya sudah mulai dibahas pada awal tahun. Bahkan, sudah terlihat kegiatannya. Dengan melakukan pembelian tanah. Setelah itu, pada 2016 akan dibuatkan detail engineering design (DED), Amdal, dan juga masterplan. Baru nanti pada 2017 proses pembangunan fisik sudah dilakukan.

‎Rumah sakit tipe C ini, lanjutnya, akan disertai dengan fasilitas kesehatan yang lengkap. Ditambah tenaga medis yang tentunya berkualitas. Sehingga, masyarakat tak usah khawatir untuk berobat ke rumah sakit plat merah ini.

Ia melanjutkan, rencana pembangunan ini tak lepas dari berubahnya status RSUD Karawang yang sudah menjadi rumah sakit regional. Artinya, rumah sakit rujukan bagi sejumlah kabupaten seperti Subang, Purwakarta, dan Bekasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement