Rabu 12 Aug 2015 23:31 WIB
Reshuffle Kabinet

Mengenal Lebih Dekat Sosok Sofyan Djalil

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Citra Listya Rini
Sofyan Djalil
Foto: Republika/ Wihdan
Sofyan Djalil

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA  -- Presiden Joko Widodo hari ini resmi melantik Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN / Bappenas yang baru. Sebelumnya, Sofyan menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Kabinet Kerja. Lantas bagaimana sepak terjang seorang Sofyan Djalil?

Sofyan lahir dari keluarga sederhana di Aceh Timur. Karena gigih, dia mendapat kesempatan berkuliah di Universitas Indonesia, Jurusan Hukum Bisnis dan lulus pada 1984. Sofyan lantas memperistri Dr. Ratna Megawangi.

Tamat dari UI, Sofyan melanjutkan pendidikan di Tufts University di Medford, Massachusetts, AS jurusan public policy hingga 1989. Dua tahun berikutnya, dia menamatkan master di bidang Ekonomi Internasional di kampus yang sama. Gelar doktor dia peroleh di bidang hukum dan kebijakan keuangan di Tufts University.

Posisi menteri saat ini bukan hal yang baru bagi Sofyan. Sofyan pernah menjabat sebagai Menteri Informasi dan Komunikasi serta Menteri BUMN di era SBY dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di era Jokowi.

Di luar pemerintahan, Sofyan juga pernah menjabat posisi strategis sebagai komisaris PLN, Staf Ahli Menteri Pendayagunaan BUMN, serta tim mediasi perundingan pemerintah RI dan GAM di Helsinki, Finlandia. Selain itu, Sofyan juga aktif mengajar di berbagai universitas di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement