Rabu 22 Jul 2015 12:55 WIB

ASDP Indonesia Seberangkan 2,2 juta Pemudik

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Satya Festiani
Kapal KMP Portlink yang dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)
Kapal KMP Portlink yang dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry selama masa angkutan lebaran 2015 dari H-15 hingga H+2 telah menyeberangkan sebanyak 2.281.756 orang penumpang, 301.138 unit sepeda motor dan 281.488 unit mobil. Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Danang S. Baskoro mengatakan, jumlah ini terpantau dari 8 lintasan penyeberangan padat pemudik di seluruh Indonesia seperti Merak-Bakauheni, Ujung-Kamal, Ketapang-Gilimanuk, Lembar-Padangbai, Kayangan-Pototano,Balikpapan-Penajam dan Bangka-Tanjung Apiapi.

Pada periode yang sama, kata dia, secara akumulatif pemudik tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 5,7 persen untuk penumpang, 4,8 persen untuk sepeda motor dan 7 persen untuk kendaraan roda empat/lebih. Danang melanjutkan, untuk tahun lalu, ASDP Indonesia Ferry sendiri telah menyeberangkan 2.253.865 orang, 287.572 sepeda motor dan 263.507 mobil.

"Peningkatan ini sudah kita prediksikan sebelumnya," ujarnya, Rabu (22/7).

Oleh karena itu, ia katakan sejak jauh hari pihaknya telah melakukan sejumlah perbaikan agar bisa memberikan kenyamanan perjalanan mudik.

Sejumlah perbaikan ia tegaskan meliputi kesiapan armada, perbaikan fasilitas dan sarana pelabuhan, kesiapan pengamanan, hingga kesiapan SDM dan pelayanan informasi pemudik.

"Yang paling nyata adalah peningkatan trip kapal yang melayani hingga 15 persen, dari 8.812 trip tahun lalu menjadi 10.918 trip tahun ini," sambungnya.

Dengan peningkatan dan sejumlah perbaikan yang dilakukan, Danang menyatakan untuk musim mudik kali ini dapat berjalan lebih cepat dan hampir tanpa antrian di hampir seluruh pelabuhan penyeberangan.

Untuk sisa arus balik hingga H+7 kedepan, ASDP, lanjut Danang, tetap akan memaksimalkan pelayanan dan segala sumber daya yang ada untuk memastikan pemudik bisa kembali ke tempat asalnnya masing-masing dengan selamat dan aman.

"Kami akan bersiaga 24 jam nonstop agar arus balik pemudik bisa lancar, aman, selamat dan menyenangkan," tegasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement