Senin 20 Jul 2015 06:25 WIB

Menteri Marwan Ajak Desa Hindari Konflik

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengajak desa untuk menghindari konflik. Marwan mengajak warga desa bersatu untuk membangun persatuan.

"Kami mengimbau desa menghindari konflik. Konflik akan sangat merugikan, selain akan menimbulkan rasa ketakutan masyarakat, juga akan menghambat kesejahteraan rakyat untuk membangun desanya," ujar Marwan di Jakarta, Ahad (20/7).

Menurut Marwan, peran tokoh agama, tokoh masyarakat, aparatur desa dan kecamatan hingga daerah, sangat penting. "Tidak perlu lagi ada egoisme agama dan antardesa lagi. Komunikasi harus dikedepankan untuk menghindari konflik," jelas dia.

Dia menambahkan warga desanya hendaknya harus sama-sama sadar dan membangun solidaritas serta kebersamaan kehidupan beragama dan masyarakat. Dengan terbangunnya solidaritas dan terjalinnya harmonisasi antarberagama dan antardesa, lanjut dia, keinginan bersama seluruh rakyat Indonesia untuk membangun wilayahnya secara adil dan merata akan sama-sama terbentuk.

"Hindari hal sekecil apapun yang memicu konflik. Lebih baik mencegah, daripada sudah terlanjur terjadi." tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement