Kamis 16 Jul 2015 12:19 WIB

Mendes: Kawasan Perbatasan, Sabuk Pengaman Indonesia

Rep: C35/ Red: Angga Indrawan
Warga di daerah perbatasan Kalimantan Barat dengan Serawak, Malaysia.
Foto: ANTARA FOTO
Warga di daerah perbatasan Kalimantan Barat dengan Serawak, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar menegaskan desa-desa di kawasan perbatasan harus mempunyai sarana dan prasarana pelayanan umum yang layak. Sehingga, desa di perbatasan bisa menjadi sabuk pengaman bagi wilayah di Indonesia.

Dengan adanya sarana yang memadai di perbatasan, Menteri Marwan yakin kerja sama dan pengelolaan perdagangan perbatasan dengan negara tetangga akan semakin meningkat.

"Dan ketika perdagangan ekspor-impor di perbatasan meningkat, maka dipastikan perdagangan ilegal akan menurun drastis," ujar Menteri kelahiran Pati, Jawa Tengah ini kepada Republika Online, Kamis (16/7).

Selain itu, dengan pembangunan desa di kawasan perbatasan, imbuh Menteri Marwan, akan meningkatkan efektivitas diplomasi maritim dan pertahanan.

Dengan adanya hal tersebut sehingga beberapa penyelesaian batas wilayah negara dengan 10 negara tetangga di kawasan perbatasan laut dan darat dapat tercapai. Selain itu juga dapat meredam rivalitas maritim dan sengketa teritorial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement