Ahad 12 Jul 2015 20:18 WIB
Konflik Kraton Yogyakarta

Ki Ageng: Pengangkatan Gusti Prabukusumo Miliki Dasar yang Kuat

Rep: Yulianingsih/ Red: Maman Sudiaman
Keraton Yogyakarta
Foto: Republika/Imam Budi Utomo
Keraton Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGAYKARTA -- Ketua Paguyuban Trah Ki Ageng Giring - Ki Ageng Pemanahan, Satria Djojonegoro menilai, GBPH Prabukusumo sangat layak menjadi Raja Kraton Yogyakarta. Pasalnya Gusti Prabu merupakan Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang juga adik Sultan X.

Gusti Prabu sebelumnya juga sudah dikukuhkan sebagai  putera mahkota dengan nama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom Hamengkunegoro Sudibya Raja Putra Narendra Mataram.

Menurutnya, mereka memiliki dasar yang cukup kuat untuk mengangkat adik Sultan X tersebut sebagai raja baru di Kraton Yogyakarta. "Kita memiliki landasan kuat antara lain perjanjian Giyanti 13 Februari 1755, piagam Kedudukan presiden tanggal 19 Agustus 1945. Laku amanat Sultan IX tanggal 5 September 1945 dan UU nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta," ujarnya.

Karena itu kata dia, apa yang dilakukan Traah Ki Ageng Giring-Ki Ageng Pemanahan tersebut sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Trah Ki Ageng Giring-Ki Ageng Pemanahan ini selanjutnya menyampaikan surat pengangkatan Sultan XI tersebut ke Gusti Prabu di rumahnya kompleks Kraton Yogyakarta.

Seperti diketahui, Raja Kraton Yogyakarta secara mengejutkan mengeluarkan sabda raja pada 30 April. Mellaui sabda raja ini Sultan mengubah gelarnya dari Ngarsa Dalem Sampeyan Dalem ingkang Sinuwun Kangjeng Sultan Hamengku Buwana Senapati-ing-Ngalaga Abdurrahman Sayidin Panatagama Khalifatullah ingkang Jumeneng Kaping Sadasa ing Ngayogyakarta Hadiningrat// menjadi Ngarsa Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Sri Sultan Hamengku Bawono ingkang Jumeneng Kasepuluh Suryaning Mataram Senopati-ing-Ngalaga Langgeng ing Bawana, Langgeng, Langgeng ing Tata Panatagama.

Bahkan perubahan gelar ini sudah didaftarkan ke Pengadilan Negeri Yogyakarta meski dalam perjalanannya dicabut. Selain sabda raja yang mengubah gelarnya, Sultan X juga mengangkat GKR Pembayun putri sulungnya menjadi Putri Mahkota dengan gelar GKR Mangkubumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement