Jumat 03 Jul 2015 15:22 WIB

Ketua DPR Berharap Presiden Segera Lantik Panglima TNI dan KaBIN

Rep: Issha Harruma/ Red: Bayu Hermawan
Ketua DPR RI Setya Novanto (tengah) bersama Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso (kanan) dan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo usai rapat paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (3/7).  (Republika/Rakhmawaty La’lang)
Ketua DPR RI Setya Novanto (tengah) bersama Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso (kanan) dan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo usai rapat paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (3/7). (Republika/Rakhmawaty La’lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Setya Novanto telah mengirimkan surat persetujuan DPR terhadap calon Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo dan calon Kepala BIN Letjen (Purn) Sutiyoso kepada Presiden Joko Widodo. Ia pun mengaku telah berkomunikasi langsung dengan presiden hari ini.

"Mudah-mudahkan minggu depan Presiden dapat melantik Panglima TNI dan Kepala BIN yang baru," katanya di gedung DPR, Jakarta, Jumat (3/7).

Setya mengatakan, keputusan tersebut menunjukkan bahwa DPR menilai kedua pejabat tersebut mampu menjadikan TNI dan BIN semakin kuat dalam memelihara pertahanan dan keamanan NKRI. Ia pun mendukung pemerintah untuk segera melakukan penguatan terhadap kedua institusi tersebut.

"Kami mendukung pemerintah untuk memperbaharui alutsista yang dimiliki oleh TNI maupun BIN. Pemerintah hendaknya juga dapat meningkatkan kemampuan dan jumlah personil TNI dan BIN sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan," ujarnya.

Seperti diketahui, DPR telah menyetujui pencalonan Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Moeldoko yang akan pensiun pada 1 Agustus 2015 mendatang.

Persetujuan tersebut disampaikan dalam sidang paripurna yang dilaksanakan hari ini. Selain Gatot, DPR juga menyetujui dan mendukung Letjen (Purn) Sutiyoso sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement