Rabu 01 Jul 2015 20:40 WIB
Pesawat Hercules Jatuh

13 Jenazah Korban Hercules C-130 Tiba di Lanud Halim

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ilham
 Presiden Joko Widodo saat pelepasan jenazah korban jatuhnya pesawat Hercules C–130 di Landasan Udara Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/7).  (Republika/Yasin Habibi)
Presiden Joko Widodo saat pelepasan jenazah korban jatuhnya pesawat Hercules C–130 di Landasan Udara Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/7). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 16 jenazah korban insiden jatuhnya pesawat Hercules C-130 telah tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusumah, Jakarta, Rabu (1/7), malam. Jenazah diterbangkan dari Lanud Soewondo, Medan, Sumatera Utara menggunakan dua pesawat, Boeing 737 dengan nomor ekor A-3704 dan CN-295 dengan nomor ekor A-2905.

Upacara penerimaan jenazah dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam upacara itu, Jokowi didampingi sejumlah menteri kabinet kerja, yaitu Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdijatno; Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu; dan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Hadir Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko dan mantan Kepala Staff Angkatan Udara (KSAU), Marsekal (purn) TNI Ida Bagus Putu Dunia.

Dalam sambutannya, Jokowi kembali mengungkapkan rasa belasungkawa atas meninggalnya personil-personil TNI AU dalam insiden tersebut. Tidak hanya itu, Jokowi mengungkapkan rasa duka cita terhadap masyarakat Medan yang menjadi korban.

''Atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pribadi, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Dengan diiringi doa, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,'' ujar Joko Widodo di apron Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta.

Dengan dibawa oleh sejumlah Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU, ke-13 jenazah itu dibawa dan dimasukan ke mobil ambulans yang sudah disiapkan. Ketiga belas jenazah itu untuk sementara disemayamkan di Mabes TNI AU.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau), Marsekal Pertama TNI Dwi Badarmanto menjelaskan, dalam pengiriman pertama ini, ada sekitar 13 jenazah. Tujuh jenazah diangkut dengan menggunakan pesawat Boeing dan enam jenazah dibawa dengan pesawat CN-295.

Jumlah ini pun akan ditambah lagi dengan pengiriman berikutnya, yaitu dengan menggunakan pesawat CN-295. ''Pesawat CN-265 berikutnya sudah berangkat dari Lanud Soewondo dengan membawa tiga jenazah. Mudah-mudahan malam ini sudah bisa dibawa,'' ujar Dwi kepada wartawan usai upacara penerimaan jenazah tersebut.

Terkait permintaan pemakaman jenazah, Dwi menyebutkan, lokasi pemakaman akan disesuaikan dengan permintaan keluarga. Ada yang dibawa ke Semarang dan Malang. ''Untuk kru pesawat, malam ini akan diterbangkan ke Lanud Abdul Rahman Saleh, karena banyak yang berasal dari sana,'' ujarnya.

Selain itu, Dwi menegaskan, proses evakuasi korban penumpang dan kru sudah sepenuhnya selesai. Kini, tim investigasi dari TNI AU tinggal mengumpulkan puing-puing pesawat Hercules tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement