Rabu 01 Jul 2015 12:05 WIB

Pascakecelakaan tak Semua Pesawat Hercules Dilarang Terbang

Rep: C36/ Red: Bayu Hermawan
 Badan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU yang jatuh menghantam pemukiman warga di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6).   (AP/Andi Rambe)
Badan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU yang jatuh menghantam pemukiman warga di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6). (AP/Andi Rambe)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Agus Supriatna mengatakan tidak semua penerbangan pesawat Hercules dihentikan pascakecelakaan pesawat yang terjadi di kawasan Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6) kemarin.

"Tidak semua penerbangan pesawat Hercules dihentikan. Hanya penerbangan yang menggunakan Hercules tipe B saja yang dihentikan," ujarnya ketika dihubungi ROL, Rabu (1/7).

Menurutnya, penerbangan Hercules tipe B menggunakan pesawat yang dibuat pada 1964.  Sementara penerbangan menggunakan pesawat Hercules tipe lain, memakai pesawat yang usianya relatif muda.

Ia mencontohkan, penerbangan menggunakan pesawat Hercules tipe H masih tetap berlangsung. Pesawat yang digunakan dalam penerbangan itu dibuat pada dekade 1970-an.

"Jadi dengan ini kami menyatakan klarifikasi bahwa penerbangan menggunakan pesawat Hercules masih tetap berlangsung, tetapi hanya untuk tipe tertentu saja," katanya.

Sebelumnya,  Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Fuad Basya, menyatakan bahwa  pesawat Hercules yang dimiliki TNI AU dibuat pada 1964. Namun,  pihaknya tidak bisa menyimpulkan adanya  keterkaitan antara tahun pembuatan dengan kemungkinan jatuhnya pesawat .

"Tidak bisa diperkirakan atau disimpulkan ada hubungan antara usia pesawat dengan penyebab jatuhnya pesawat. Meski rata-rata dibuat pada 1964, Hercules selalu terbang dalam kondisi baik. Itu sudah dipastikan oleh para staff  sebelum penerbangan," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement