Selasa 30 Jun 2015 19:48 WIB
Pesawat Hercules Jatuh

Jokowi Ucapkan Belasungkawa untuk Korban Pesawat Hercules

 Petugas mengevakuasi reruntuhan pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6).  (AP/Dedy Zulkifli)
Petugas mengevakuasi reruntuhan pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6). (AP/Dedy Zulkifli)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengucapkan bela sungkawa atas kecelakaan pesawat militer Indonesia atau kerap disebut Hercules. Pesawat itu jatuh dan menabrak sebuah hotel dan rumah di Medan, Sumatra Utara, pada Selasa (30/6). Akibatnya, sebanyak 101 orang dinyatakan tewas.

"Saya dan keluarga berbela sungkawa atas musibah jatuhnya pesawat Hercules C-130. Semoga keluarga diberikan kesabaran dan kekuatan -Jkw," tulis Presiden Jokowi di akun Twitter resminya, @jokowi, Selasa (30/6).

Pesawat itu dalam perjalanan dari pangkalan angkatan udara di Medan ke pulau-pulau terpencil di Natuna dan jatuh beberapa menit setelah lepas landas.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna mengatakan, pesawat Hercules yang jatuh di Jalan Jamin Ginting Medan pada Selasa (30/6), membawa 101 penumpang.

Usai meninjau proses evakuasi di lokasi, Agus mengatakan, jumlah itu ditambah dengan 12 kru pesawat dengan nomor lambung A-1310 tersebut. Meski, telah mengetahui jumlah penumpang, tetapi pihaknya belum mengetahui secara pasti perincian korban yang berstatus anggota TNI dan sipil. "Yang jelas, dari manifes, semua keluarga militer," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement