Ahad 28 Jun 2015 16:06 WIB

PT KAI Operasikan Angkutan Motor Gratis

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Angga Indrawan
  Calon penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (16/12). (Republika/ Wihdan)
Calon penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (16/12). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, PUWOKERTO -- PT KAI (Persero) kembali mengadakan angkutan motor gratis dalam masa masa angkutan lebaran tahun 2015. Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono mengatakan penyelenggaraan program angkutan motor gratis yang diselenggarakan dengan kerjasama Kementerian Perhubungan ini hanya akan dilaksanakan cukup lama, hampir selama masa angkutan mudik lebaran dilaksanakan PT KAI.    

"Penyelenggaraan angkutan motor gratis ini, pada masa sebelum lebaran dilaksanakan mulai H-6 (11/7) sampai H-2 (15/7). Sedangkan masa sesudah lebaran, dilaksanakan mulai H+3 (21/7) sampai dengan H+7 (25/7)," jelasnya, Ahad (28/6).

Untuk lintas selatan yang melayani rute Jakarta-Solo, menurut Surono,   disediakan satu rangkaian KA khusus angkutan motor gratis. KA ini akan membawa rangkaian 10 gerbong jenis B dan 1 gerbong pembangkit (generator). 

"Setiap gerbong, memiliki kapasitas angkut 50 motor. Jadi sekali jalan, KA barang tersebut akan membawa 500 motor," jelasnya.

Namun dia menyebutkan, KA angkutan motor gratis lintas selatan ini hanya akan melayani pembongkaran barang di beberapa stasiun. Tidak selalu di stasiun besar, KA barang tersebut bisa membongkar muatan.

"Untuk KA angkutan motor gratis lintas selatan, ditetapkan hanya bongkar muatan di Stasiun Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan dan Solojebres. Dengan demikian, warga yang ada di Purwokerto, mengambil sepeda motornya di stasiun Kroya Cilacap. Bukan di Purwokerto," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement