Senin 22 Jun 2015 10:25 WIB

Pemkot Sukabumi Uji Coba Jalur Khusus Sepeda

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Jalur Sepeda
Foto: m irfan nofa
Jalur Sepeda

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi tengah melakukan uji coba penerapan jalur sepeda di jalan R Syamsudin SH. Hal ini merupakan upaya pemkot untuk meningkatkan keamanan, ketertiban dan kelancaran, serta kenyamanan dan keselamatan lalu lintas.

"Penerapannya baru pada tahap uji coba," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Senin (22/6).

Jalan yang akan menjadi prioritas untuk segera dibuatkan jalur bagi pengendara sepeda tersebut yakni ruas Jalan R Syamsudin, SH dan ruas Jalan Bhayangkara. Lebar jalur yang digunakan hanya satu per empat dari lebar ruas jalan raya masing-masing.

Pengerjaan uji coba jalur ini dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi.

Fahmi mengatakan, selepas pelaksanaan uji coba akan dilakukan tahapan evaluasi dan pengkajian kembali. Sehingga harapannya pada waktu pelaksanaan nanti dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Jika penerapan jalur khusus sepeda ini berhasil, kata Fahmi, maka bukan tidak mungkin akan dikembangkan ke ruas jalan lainnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada para penggguna sepeda.

Lebih Lanjut Fahmi menuturkan, pada pelaksanaan uji coba ini masih ditemukan kendaraan yang parkir di jalur khusus sepeda. Kondisi ini ke depan akan menjadi perhatian dari pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement