Ahad 21 Jun 2015 12:07 WIB

Mendag: Kenaikan Harga Bahan Pokok Masih dalam Kisaran Wajar

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Rahmat Gobel mengatakan stok bahan pokok selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri mencukupi. Ia pun memastikan keberadaan bahan pokok disetai dengan harga yang relatif stabil.

"Laporan dari Jatim misalnya, stok bahan pokok cukup dengan harga relatif stabil. Kalau pun ada kenaikan atau penurunan harga, masih di kisaran yang wajar," kata Rahmat Gobel dalam peluncuran operasi pasar Artha Graha Peduli di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Ahad (21/6).

Rahmat meminta masyarakat untuk tidak khawatir. Ia mengakui memang ada beberapa harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, seperti cabe dan bawang merah, karena berkurangnya pasokan. "Pada Juni dan Juli akan ada pasokan seiring dengan panen," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengatakan, untuk menstabilkan harga, pihaknya telah melakukan operasi pasar.

"Misalnya operasi pasar beras dan gula yang diluncurkan Presiden di Bandung. Dan kini didukung Artha Graha Peduli, diadakan operasi pasar beras dan daging sapi murah," jelasnya.

Menurut Srie, operasi pasar AGP diadakan di 153 titik di Jakarta dan sekitarnya dengan mendistribusikan 5.000 ton beras dan 1.000 ton daging beku yang dimulai pada 16 Juni 2015. Operasi pasar AGP mendistribusikan beras kualitas medium kelas satu dengan harga Rp 9 ribu per kilogram dan daging beku Rp 70 ribu per kilogram.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement