REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program belanja tahunan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2015 kembali dihadirkan untuk memanjakan warga Ibukota. Program belanja sudah memasuki tahun ke enam ini berlangsung pada 6 Juni hingga 12 Juli mendatang.
Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah DKI Jakarta yang juga didaulat sebagai Ketua Pelaksana FJGS 2015 ini berharap program pesta belanja ini mampu menjadi salah satu unggulan dan daya tarik wisata Ibukota.
"Progran ini ditujukan tidak hanya bagi wisatawan nusantara tapi juga untuk wisawatan mancanegara terutana dari kawasan Asia yang ingin berbelanja di Jakarta," ujarnya dalam konferensi pers di Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (18/6)
Sejumlah progran menarik, kata Ellen, akan ikut memeriahkan event tahunan ini seperti pameran produk UMKM berkualitas dan produk Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda), program undian belanja berhadiah FGJS Shopper Card, progran sosiak donor darah, hingga program outdoor Fashion Festival Run.
Ellen menambahkan, dari sekian progran yang diluncurkan pada FJGS 2015, program Mignight Sale atau belanja tengah malam dengan penawaran diskon hingga 70 persen menjadi yang paling ditunggu-tunggu. Kata Ellen, pada FJGS 2015, program Midnight Sale akan diikuti 21 mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta. Selain itu, dalan FGJS tahun ini juga akan dimeriahkan 10 PD Pasar Jaya yang melakukan bazar sembako murah.
"Setelah di tahun-tahun sebelumnya progran Midnight Sale digelar serentak, untuk tahun ini kami sengaja menghadirkannya berbeda dalam kurun waktu 6 Juni sampai 12 Juli di 21 mal di Jakarta,"
Ellen menjelaskan, tidak digelarnya Midnigt Sale di waktu yang bersamaan dimaksudkan agar lebih mengakomodasi kebutuhan masyarakat pada bulan puasa dan menyambut lebaran.
Lebih lanjut, Ia mengatakan pada FJGS kali ini juga mengalami peningkatan dari segi retailer yang mengikuti diskon. Dari survey yang dilakukannya, Ellen mengatakan cukup banyak produk-produk fashion import yang memberikan diskon baik untuk produk new arrival maupun produk lainnya, bahkan ada yang memberikan diskon 50 persen untuk semua produknya.
"Apalagi dengan adanya penghapusan PPNBM beberapa kategori produk, ini akan membawa angin segar bagi konsumen Indonesia untuk berbelanja di negeri sendiri,"
Ellen melihat, sejauh ini terlihat adanya peningkatan jumlah konsumen yang datang ke pusat belanja. Untuk transaksinya, Ellen mengatakan, selama 12 hari sejak FJGS 2015 dibuka, transaksi yang diperoleh baru mencapai angka 20 persen.
Berikut jadwal Midnight Sale FJGS 2015 :
Grand Indonesia 26-27 Juli
Senayan City 3-5 Juli
Lotte Shopping Avenue 20-21 Juni
Gandaria City 27 Juni dan 4 Juli
Kalibata City Square 27 Juni
Plaza Blok M 27 Juni
Centrak Park 20-21 Juni dan 4-5 Juli
Mal Taman Palem 26-27 Juli
Lippo Mal Puri 27 Juni dan 4 Juli
Emporium Mal Pluit 27-28 Juni
Mal Kelapa Gading 27 Juni dan 4 Juli
Baywalk Mal 20-21 Juni
Mal Artha Gading 4 Juli
Mall of Indonesia 28 Juni
Arion Mal 19-20 dan 26-27 Juni
Cibubur Junction 27 Juni dan 4 Juli
Plaza Semanggi 10-11 Juli
Plaza Indonesia 12-13 Juni
Kota Kasablanka 4 Juli
Lippo Mall Kemang 27 Juni dan 4 Juli
Pejaten Village 27 Juni dan 4 Juli