Kamis 18 Jun 2015 10:18 WIB

Pendaftar Resmi Capim KPK Capai 139 Orang

Rep: c36/ Red: Esthi Maharani
Pansel KPK
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Pansel KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Juru Bicara (Jubir) Panitia Seleksi (Pansel), Betti Alisjahbana, mengatakan sudah ada 139 orang yang resmi mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan (capim) KPK.  Advokat (ahli hukum), PNS dan dosen masih menjadi pendaftar terbanyak.

“Data yang kami terima hingga saat ini, ada 139 pendaftar capim KPK.  Pendaftar masih didominasi advokat, PNS dan dosen,” kata Betti saat dihubungi ROL, Kamis  (18/6).

Jumlah advokat yang mendaftar tercatat sebanyak 32 orang, sementara PNS sebanyak 26 orang.  Sebanyak 17 dosen dan lima orang anggota Polri juga sudah tercatat mendaftarkan diri.

“Sisanya berasal dari latar belakang profesi lain, baik pegawai swasta, pengusaha maupun  perwakilan masyarakat sipil,” tambahnya.

Terkait latar belakang pendidikan, untuk sementara ada 62 pendaftar capim yang telah lulus pendidikan jenjang strata 1 (S-1).  Sebanyak 58 pendaftar tercatat sudah menamatkan jenjang pendidikan master (S-2) dan 19 pendaftar bergelar doktor (S-3).

“Dari segi usia, untuk sementara pendaftar yang berada di rentang usia 45 tahun – 60 tahun lebih mendominasi, yakni sebanyak 76 persen dari keseluruhan jumlah pendaftar,” tambah Betti.

Pendaftaran capim KPK dibuka hingga 24 Juni.  Seluruh pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan kepada publik pada 27 Juni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement