Senin 15 Jun 2015 12:13 WIB

Dua Pulau di Banten Hilang

Rep: C81/ Red: Ilham
Pulau kecil di Indonesia
Foto: wordpress
Pulau kecil di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Dua pulau yang berada di wilayah administrasi Provinsi Banten hilang. Kedua pulau tersebut adalah Pulau Karang Gandul berada di wilayah kecamatan Panimbang dan Pulau Waton di Kecamatan Sumur, Pandegelang.

Hilangnya kedua pulau ini diduga kuat karena terkikis oleh air laut. Selain itu, karena abainya Pemerintah Banten untuk menjaga dan mengontrol pulau-pulau yang tak berpenghuni.

"Berdasarkan pendataan pertama yang kita lakukan, dua pulau hilang dan kini hanya terlihat ujungnya saja dari permukaan air," kata Kepalan Biro Pemerintahan Provinsi Banten, Siti Maani Nina, kepada wartawan, Senin (15/6).

Nina mengungkapkan, berdasarkan data yang dimiliki oleh Pemprov, Pulau Karang Gundul memiliki luas total 85 hektare yang didominasi karang dengan luas 1,5 hektare. Sedangkan Pulau Waton sekitar 15 hektare, dan kini keduanya hanya terlihat ujungnya.

"Kedua pulau ini rata-rata didominasi karang, sepertinya gara-gara terkikis oleh air laut," katanya.

Untuk saat ini, berdasarkan data awal di Biro Pemerintahan, jumlah pulau di Banten sebanyak 64 pulau. Sedangkan data perinciannya, Kabupaten Pandeglang memiliki pulau terbanyak dengan 34 pulau, kemudian disusul Kabupaten Serang yang memiliki 17 pulau. Kota Cilegon memiliki lima pulau, Lebak tujuh pulau, dan Kabupaten Tangerang hanya memiliki satu pulau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement