Sabtu 13 Jun 2015 14:03 WIB

Hendak Shalat, Warga Aceh Temukan Bayi di Masjid

Kaki bayi (ilustrasi)
Kaki bayi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH  --   Warga menemukan bayi laki-laki berusia sekitar tiga hari yang sengaja diletakan di Masjid Gampong (desa) Suak Bidok, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, Jumat (12/6) malam.

"Orang lain tidak ada yang berani maka saya yang ambil bawa pulang ke rumah karena saya juga belum punya anak laki-laki. Suami saya perintahkan untuk melapor pada polisi," kata penemu bayi Siti Maimunah (41) di Meulaboh, Sabtu (13/6).

Siti menceritakan dari cara penempatan bayi itu dimungkinkan sengaja diletakkan dalam masjid agar ada yang mengadopsi karena pada saat itu warga hendak melaksanakan shalat Maghrib berjamaah.

Pada saat diambil tubuh bayi berkulit putih tersebut dibalut dengan kain dan disampingnya juga disediakan pakaian dalam kantong plastik. Setelah ditangani pihak kepolisian bayi malang itu dibawa ke Puskesmas terdekat.

"Setelah dibawa ke Puskesmas, malam itu juga dibawa ke rumah sakit umum karena kata pihak medis kondisi anak ini sudah harus dirawat lebih intens," imbuhnya.

Saat ditemui di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien (RSUD-CND) Meulaboh Siti Maimunah menyatakan, dirinya bersedia merawat bayi tersebut sebagai ibu angkat, namun dia masih terkendala untuk mengambilnya karena pembiayaan perawatan Rp 700.000 per hari.

Kepala Bidang Pelayanan Medik dr Eman Tuahta Surbakti menambahkan, kondisi anak tersebut masih harus menjalani perawatan di ruang NICU karena kondisinya belum begitu stabil.

"Saat dibawa kemari sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi, tubuhnya masih berbau karena tali pusatnya belum diambil setelah lahir. Penanganan sudah kita lakukan dan persoalan pembiayaan itu ditangung sementara oleh pihak rumah sakit," sebutnya.

Direktur RSUD dr Akbar Siregar menambahkan, setelah diketahui orang tua bayi tersebut maka segala pembiyaan harus ditebus pada managemen, ataupun ada pihak yang bersedia mengambilnya dengan persyaratan tertentu.

Berdasarkan catatan medis, bayi tersebut dengan berat badan (BB) 2.500 gram, LILA 8 cm, LK 33 cm, LD 29 cm, PB 49 cm, RR 46x1 meter, POIS 120x1 meter, bayi ini berkulit putih dan berambut kecil warna hitam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement