Rabu 10 Jun 2015 07:29 WIB

Dinas Siapkan Tiga Lokasi untuk PKL Musiman Selama Ramadhan

Pedagang Kaki Lima
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pedagang Kaki Lima

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Dinas Pasar Kota Ternate, Maluku Utara menyiapkan pasar musiman di tiga lokasi sebagai upaya meminimalisir membludaknya Pedagang Kaki Lima (PKL) musiman saat ramadhan.

"Tiga lokasi itu di areal pasar percontohan, Bank BPRS dan Jalan Revolusi. Kita buka untuk ditempati pedagang musiman, terutama kuliner pada bulan suci ramadhan nanti," kata Kepala Bidang Perencanaan Dipas Kota Ternate Samad Bandang, di Ternate, Selasa.

Dia mengatakan, tiga lokasi bagi PKL musiman tersebut telah dikoordinasikan dengan beberapa instansi terkait untuk mengatasi masalah kemacetan.

Penyediaan lokasi pasar musiman selalu dilakukan menjelang ramadhan karena PKL yang menjajakan makanan khas berbuka puasa selalu melonjak.

"Ini terjadi setiap tahun dan sudah menjadi kebiasaan," katanya.

Kalau tidak disediakan dan ditertibkan, maka PKL musiman akan muncul dan mengakibatkan kemacetan di beberapa jalur lalu lintas, umumnya di pusat kota.

"Supaya PKL tidak terkonsentrasi di satu tempat sehingga menimbulkan kemacetan parah, kita sengaja buka lokasi bagi mereka di sejumlah lokasi," kata Samad Bandang.

Ia juga berharap pembukaan tiga pasar musiman menjelang ramadan tersebut memberi kontribusi positif bagi pencapaian target pendapatan daerah dari Dinas Pasar Kota Ternate.

"Selain penertiban, dibukanya pasar musiman ini tentu diharapkan membawa keuntungan, bukan saja untuk para pedagang tetapi juga PAD Dipas," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement