Rabu 03 Jun 2015 23:37 WIB

Baru Diresmikan, Taman Air Mancur Bogor Rusak

Taman Kota
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Taman Kota

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Taman Air Mancur yang terletak di pertigaan Jalan Sudirman, Bogor, rusak. Salah satu huruf pada tulisan 'Air Mancur' hilang. Padahal, taman itu baru diresmikan 24 Mei 2015.

Menurut petugas 'Park Ranger' rusaknya huruf C pada tulisan Air Mancur bukan karena dirusak. Tapi insiden kecelakaan kerja yang dialami salah seorang petugas dari PT Pilar Madani Hijau selaku pihak ketiga yang telah memperbaiki penataan Taman Air Mancur.

"Kejadiannya jam 09.00 WIB pagi tadi, lagi ada kegiatan pengecatan baliho. Petugasnya naik tangga, lalu jatuh, jadi bukan dirusak. Murni kecelakaan kerja," kata Adi petugas 'Park Ranger', saat ditemui di Bogor, Rabu (2/6).

Adi mengatakan, insiden kecelakaan kerja yang menyebabkan rusaknya tulisan Air Mancur telah dilaporkan kepada Kepala Satpol PP selaku pimpinan 'Park Ranger' (Polisi Taman). Pihak PT Pilar Madani Hijau juga berjanji akan memperbaikinya.

"Tadi siang habis Rapat Paripurna HJB Wali Kota Bima Arya Sugiarto juga sempat meninjau, wali kota juga minta kerusakan agar segera diganti," katanya.

Menurut Adi, sejak diresmikan dan dijaga oleh petugas 'Park Ranger', taman tersebut terlindungi dari aksi vandalisme dan pengrusakan. Selain Taman Air Mancur, petugas Park Ranger juga disebar menjaga Taman Bogor yang berada di depan rumah dinas wali kota.

Sebelumnya dibentuk petugas 'Park Ranger', Taman Bogor kerap menjadi incaran pelaku pengrusakan. Sejak dibentuk, taman tersebut sudah tiga kali dirusak oleh orang yang tidak dikenal. Kerusakan terjadi pada huruf G di tulisan Bogor, sehingga dibaca menjadi 'Bocor'.

Sejak diresmikan dengan wajah baru Taman Air Mancur menarik minat masyarakat Kota Bogor untuk bermain dan nyata sambil berselfie ria. Beberapa orang tua juga membawa serta anaknya. Air Mancur yang menyalah membuat anak-anak riang bermain air di taman tersebut.

Pemerintah Kota Bogor telah menata kawasan tersebut dengan melibatkan pihak ketiga. Wajah Air Mancur sebelumnya, berupa kolam dan satu titik air mancur. Tampilan tersebut, membuat kotor air kolam, bahkan pernah digunakan untuk mandi oleh orang yang memiliki gangguan jiwa.

Kini Taman Air Mancur telah direnovasi, terdapat tiga titik air mancur yang dipancarkan dari lantai. Setiap air mancur diberi lampu hias warna-warni sehingga pada malam hari terlihat indah. Taman tersebut juga dilengkapi undakan yang bertuliskan Air Mancur. Warga memanfaatkan sudut tersebut untuk berselfie ria.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement