Selasa 02 Jun 2015 11:06 WIB

60 Penulis Bakal Semarakkan Festival Sastra MIWF

Founder dan Direktur MIWF Lily Yulianti Farid
Foto: MIWF
Founder dan Direktur MIWF Lily Yulianti Farid

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Makassar International Writers Festival (MIWF) edisi kelima akan digelar di Makassar pada 3 – 6 Juni 2015. Founder dan Direktur MIWF Lily Yulianti Farid mengatakan di MIFW tahun ini akan hadir sastrawan Seno Gumira Ajidarma, Leila S. Chudori, Oka Rusmini, penulis buku perjalanan, Trinity, penyair Adrian Grima dari Malta, novelis grafis asal Belanda Peter van Dongen dan Satoshi Kitamura, Jepang, kartunis Australia Rolf Heimann, peneliti media dan jurnalistik Janet Steele dari Amerika Serikat. Tahun ini sebanyak 60 penulis dan pengisi acara dari 20 negara ikut ambil bagian di MIWF.

Selain itu, MIWF mengundang enam penulis muda dari Makassar, NTT, Kalimantan dan Kendari secara khusus sebagai penulis undangan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh acara yang diadakan di MIWF bersifat gratis dan terbuka untuk umum. “Setiap tahun kita menerbitkan berbagai buku dengan penulis luar maupun dalam negeri. Tahun ini ada 2 buku dari Leila S. Chudori, terjemahan buku Pulang (Home) dan Nadira edisi terbaru, dan masih banyak lagi peluncuran buku di MIWF nanti.” Ungkap John McGlyn dari Yayasan Lontar.

Rika Anggraini, General Manager Corporate Communications The Body Shop® Indonesia mengatakan The Body Shop Indonesia telah mendukung MIWF sejak 2012 dengan mengkhususkan pada isu lingkungan, perempuan dan hak asasi manusia. The Body Shop menjadi mitra jangka panjang kami karena kesamaan visi dan misi, yakni menyebarluaskan nilai-nilai kemanusiaan, di mana menulis dan penerbitan buku bisa menjadi salah sarana efektif untuk menyuarakan misi ini.

Sementara Asia Center Japan Foundation menjadi mitra utama festival dalam mempromosikan sastra Asia ke dunia dengan menghadirkan inisiatif penerjemahan Monkey Business International Literary Journal, sebuah upaya penerjemahan karya-karya sastra kontemporer Jepang, yang diterbitkan dalam bentuk jurnal, yang dipromosikan ke berbagai negara.

Dua perusahaan yang berbasis di Makassar, Bosowa Group dan Kalla Group, yang menjadi mitra MIWF sejak lima tahun terakhir, juga menunjukkan komitmen untuk terus mendukung kehadiran festival penulis ini.  Selain itu, puluhan lembaga asing dan nasional, perusahaan lokal dan komunitas serta sejumlah penerbit yang menjadi mitra MIWF, membuat kami bisa terus menyelenggarakan festival ini setiap tahun.  Yang tak kalah pentingnya adalah peranan penting lebih dari 200 relawan yang menjadi tulang punggung festival.

“Selain pesta sastra, kegiatan lain yang dilakukan selama festival antara lain Sing Your Poetry, Penayangan Film Pendek ‘Karaeng Pattingalloang’ oleh sutradara dan penulis naskah asal Makassar, Literary Tour, dan lain sebagainya yang sangat menarik minat pecinta sastra Indonesia”, kata Lily.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement