Senin 01 Jun 2015 15:33 WIB
Hari Anak

Kala Anak-Anak 'Bajak’ Radio

Rep: C36/ Red: Djibril Muhammad
Kunjungan Anak ke Republika, Jumat (29/5)
Foto: Wihdan Hidayat
Kunjungan Anak ke Republika, Jumat (29/5)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah anak yang mewakili anak-anak Indonesia melakukan ‘Bajak Media’ , Senin (1/6). Sejak pagi,  mereka diajak mengenal media sekaligus melihat secara langsung dunia kerja orang dewasa.

Kegiatan pertama yang dilakukan anak-anak adalah mengunjungi dua stasiun radio swasta di Jakarta, Gen FM dan Jak FM.  Selain pengenalan radio,  tujuh orang anak sempat on air bersama Ronal Surapradja dan Tike Priatnakusumah di acara 'Sarapan Seru' Jak FM, beberapa jam lalu.

Usai 'membajak' radio, beberapa anak menyampaikan kesannya keda ROL. Mereka mengaku mendapat banyak manfaat dari kegiatan di Senin (6/1) pagi.

"Senang sekali bisa datang langsung ke stasiun radio. Kita bisa belajar soal siaran, mengatur musik, mengisi suara dan lain-lain. Paling senang saat siaran on air,” ujar Tjut Aurel Azzahra (13), Siswi SMP Tunas Global, Bekasi.

Menurut gadis berponi ini, menjadi penyiar memiliki banyak manfaat. Selain memberikan informasi, penyiar juga bisa menghibur jutaan pendengar.

"Nanti, ilmu siaran, komposisi mengatur musik dan ilmu mengisi suara yang tadi sempat dipraktikkan mau digunakan buat kegiatan sehari-hari atau kegiatan sekolah yang mendukung," katanya.

Lain lagi dengan Almadeena Maritza (11), yang lantas tertarik menjadi penyiar radio. "Menjadi penyiar itu bermanfaat bagi banyak orang. Ke depannya mau mencoba jadi penyiar radio biar menginspirasi banyak orang," kata siswi kelas VI SD Pelita Insani ini.

Baginya, berkunjung dan mencoba langsung wahana yang ada di radio memberikan banyak pengetahuan baru. Selain mengerti cara kerja di industri radio, ia pun memahami teknik kerja masing-masing divisi di radio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement