Selasa 26 May 2015 20:17 WIB

Kepala BNPB: Persediaan Logistik Pengungsi Rohingya Masih Aman

Pengungsi Rohingya di Kuala Langsa, Aceh.
Foto: Reuters
Pengungsi Rohingya di Kuala Langsa, Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional Syamsul Maarif memastikan persediaan logistik bagi para pengungsi Rohingnya yang berada di Langsa, Nangroe Aceh Darussalam, masih aman dalam jangka waktu satu minggu ke depan.

"Pemerintah telah memberi tugas BNPB untuk menangani imigran Rohingnya. Kami telah mengirim tim khusus yang berada di bawah koordinansi Kementerian Sosial ke lokasi pengungsian guna menangani kebutuhan primer para pengungsi," kata Syamsul Maarif seusai Pertemuan Ilmiah Tahunan Riset Kebencanaan di UGM Yogyakarta, Selasa (26/5).

Menurut dia, BNPB juga telah mempersiapkan sejumlah tenda bagi para pengungsi Rohingya di Langsa yang jumlahnya mencapai 250 kepala keluarga.

"Kami juga mempersiapkan kebutuhan sanitasi serta pengobatan di lokasi pengungsian," katanya.

Ia mengatakan, hingga saat ini pemerintah masih melakukan koordinasi melalui Kementerian Luar Negeri bersama negara asal pengungsi, Myanmar.

"Sementara ini persediaan kebutuhan logistik bagi para pengungsi masih aman hingga satu minggu ke depan," katanya.

Syamsul mengatakan, untuk penanganan lanjut para pengungsi Rohingnya tersebut, BNPB belum dapat memastikannya karena keputusan berada di tangan Presiden Joko Widodo.

"Memang ada beberapa opsi yang muncul di antaranya adalah menampung anak-anak di pondok pesantren serta opsi mempekerjakan pengungsi dewasa ke perkebunan kelapa sawit. Namun hal ini masih harus terus dibahas untuk mendapatkan solusi terbaik," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement