Kamis 21 May 2015 03:08 WIB

Nasdem Tolak Revisi UU Pilkada

Rep: agus raharjo/ Red: Karta Raharja Ucu
Sebelum akhirnya diputuskan sejumlah partai melakukan lobi terkait RUU Pilkada dalam paripurna DPR, Kamis malam (25/9).
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Sebelum akhirnya diputuskan sejumlah partai melakukan lobi terkait RUU Pilkada dalam paripurna DPR, Kamis malam (25/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rencana revisi terbatas Undang-Undang Pilkada bukan hanya mendapat tolakan dari pemerintah. Namun, di internal DPR sendiri, fraksi-fraksi belum menemui kata sepakat.

Fraksi Nasdem, dengan tegas akan menolak pengajuan revisi UU Pilkada agar dua partai politik dapat ikut pilkada. "Fraksi lain tidak tahu sikapnya, tapi Nasdem pasti menolak," kata Ketua Fraksi Nasdem, Viktor Laiskodat di kompleks parlemen, Jakarta (20/5).

Viktor mengatakan, sikap penolakan Nasdem ini bukan pendapat pribadi, tapi sikap fraksi Nasdem. Menurut Nasdem, revisi UU dilakukan untuk kepentingan bangsa dan negara. Sedangkan di revisi terbatas UU Pilkada kali ini lebih untuk memgakomodir kepentingan dua partai politik agar dapat ikut pilkada.

Padahal, kata dia, persoalan yang terjadi di Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) adalah persoalan internal mereka sendiri. Hal ini bukan menjadi masalah bagi masyarakat.

Jadi, Nasdem berpandangan tidak perlu untuk melakukan revisi terbatas pada UU Pilkada. Dua partai yang berkonflik silakan selesaikan persoalan internal mereka sendiri.  "Ini kan hanya karena ketidakbecusan mengurusi parpol hingga mereka berselisih sendiri," imbuh Viktor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement