Kamis 07 May 2015 11:48 WIB

Jokowi Minta Tiap Kota Punya Ciri Khas

Presiden Jokowi.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Presiden  Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan setiap kota di Indonesia memiliki identitas sendiri sehingga punya ciri khas.

Harapan itu disampaikannya saat membuka  Rapat Kerja Nasiona  Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2015 di Ballroom The Natsepa Resort & Conference Center, Ambon, Kamis (7/5). Rakernas ke-11 APEKSI mengangkat tema “Optimalisasi Kemaritiman Nasional Dalam Rangka Mendorong Pembangunan Infrastruktur Kota dan Kota Pantai”.

Presiden Jokowi meminta setiap walikota fokus menangani kotanya secara detil. Dia memberi contoh pengalamannya menjadikan Solo sebagai heritage city.

“Saya membayangkan bahwa kota-kota di seluruh Indonesia ini ada 98 kota, mestinya setiap kota memiliki identitas dan karakter tidak sama, karena memang kota-kota ini berbeda-beda,” katanya seperti dikutip dari laman setkab.go.id.

Dengan kerja secara fokus, Presiden menambahkan, maka Indonesia akan memiliki kota maritim, kota hijau, kota agropolitan, atau mycity, smartcity.

“Waktu menjadi Walikota, Solo adalah kota satu-satunya yang menjadi anggota the World Heritage City di dunia. Dan kita saat itu memang ingin karakter warisan kota pusaka itu yang muncul.” kata Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement