Selasa 05 May 2015 17:33 WIB

Pemerintah Serahkan 103 Rumah untuk Pengungsi Sinabung

Rep: Ahmad Rozali/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah pengungsi erupsi Gunung Sinabung ketika berada di lokasi pengungsian, di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.
Foto: Antara/Septianda Perdana/ca
Sejumlah pengungsi erupsi Gunung Sinabung ketika berada di lokasi pengungsian, di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyerahkan secara simbolis 103 unit rumah bagi para pengungsi erupsi Gunung Sinabung kepada Pemerintah Kabupaten Karo. Penyerahan tersebut diterima oleh Plt Bupatati Karo, Terkelin Brahmana di lokasi perumahan Desa Siosar Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa (5/5).

Ratusan rumah tersebut dibangun oleh tim gabungan TNI AD, masyarakat pengungsi dan masyarakat umum di kawasan hutan produksi di Kecamatan Merek. Pembangunan rumah tersebut diperuntukkan bagi warga Desa Bekerah.

Pembangunan  ini  merupakan tahap awal dari pembangunan site plan relokasi yang direncanakan 267 rumah. Siti Nurbaya mengatakan pembangunan akan terus dilakukan untuk mencukupi kebutuhan pengungsi.

“Sarana-saran yang lain seperti kehidupn bertani, peternakan, sekolah, puskesmas harus sudah terbangun. Maka kementerian lain juga terlibat semua, pendidikan, kesehatan," katanya.

Dia mengatakan, kekurangan tersebut merupakan tugas semua elemen masyarakat. Ia juga berpesan kepada masyarakat yang menghuni lokasi baru tersebut agar dapat hidup harmonis dan tidak mengganggu kawasan hutan.  

Pembangunan jalan akses menuju lokasi pemukiman sepanjang 9,2 km sejatinya telah dibangun sejak akhir Oktober. Pembangunan 103 unit rumah itu menghabiskan biaya Rp 16,3 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement