Jumat 01 May 2015 17:45 WIB

May Day, Buruh di Tangerang Tolak PHK Serikat Pekerja

Rep: c18/ Red: Satya Festiani
  Ribuan buruh berunjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional atau yang biasa disebut 'May Day' di jalan MH. Thamrin, Jakarta, Rabu (1/5).   (Republika/Yasin Habibi)
Ribuan buruh berunjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional atau yang biasa disebut 'May Day' di jalan MH. Thamrin, Jakarta, Rabu (1/5). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Ratusan buruh melakukan demonstrasi di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang. Aksi massa tersebut dilakukan sebagai bagian dari perayaan hari buruh alias May Day.

Koordinator aksi dari massa Aliasi Rakyat Tangerang Raya (Altar) Koswara mengatakan demonstrasi ini dilakukan untuk menuntut kesejahteraan kaum buruh. Selain itu, lanjutnya, aksi ini dilaksanakan sebagai langkah protes dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan terhadap sejumlah buruh di Tangerang lantaran membentuk serikat pekerja.

"Terakhir ada sekitar 132 orang mau di PHK," terang Koswara kepada Republika, Jumat (1/5) di Puspemkab Tangerang, Banten.

Lebih jauh, Koswara menjelaskan serikat buruh yang dipimpinnya juga menolak lembur gratis yang kerap dilakukan perusahaan di Tangerang. Pasalnya, tambah Koswara, hal tersebut sangat merugikan pekerja.

"Upah saja belum layak, ditambah lembur gratis," tegasnya.

Koswara menjelaskan secara keseluruhan ada delapan tuntutan serikat buruh di Tangerang.

1. Stop upah murah

2. Ganti regulasi oengupahan pro buruh

3. Berikan lapangan kerja yang layak

4. Hapus sistem kontrak

5. Berikan kebebasan berserikat

6. Tolak kenaikan BBM dan TDL

7. Berikan jaminan kesehatan yang layak

8. Nasionalisasi aset tambang dan migas dari asing.

Sebelumnya, demonstrasi tersebut dilakukan oleh massa gabungan dari Altar, SBSI serta beberapa massa lainnya. Hingga saat ini aksi tersebut berlangsung damai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement