Rabu 29 Apr 2015 14:59 WIB

Kemhub Siap Angkut 6.000 Motor Gratis Saat Lebaran

Pemudik sepeda motor
Foto: Republika/Prayogi
Pemudik sepeda motor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengangkut secara gratis 6 ribu sepeda motor pemudik Lebaran 2015, menggunakan kereta api (KA). Para pemudik sepeda motor dapat mendaftarkan motornya secara gratis dan akan mendapatkan prioritas untuk membeli empat tiket KA dengan perincian dua tiket untuk orang dewasa dan dua tiket untuk anak-anak.

“Tahun ini sepeda motor yang diangkut dengan kereta sekitar 5000 sampai 6000 sepeda motor. Nanti mekanismenya akan diatur,” kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko seperti dikutip laman setkab.go.id pada Rabu (29/4).

Angkutan sepeda motor gratis ini, diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Gudang dengan KA Kuto Jaya Utara menuju Stasiun Kejaksan (Cirebon), Tegal, Poncol (Semarang), Kutoarjo, Lempuyangan (Yogyakarta) dan Jebres ( Solo).

Pemberangkatan sepeda motor dari Jakarta Gudang untuk lintas utara tujuan Cirebon, Tegal, dan Semarang dilakukan pada pukul 19.55 WIB, sementara lintas selatan tujuan Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo pukul 17.55 WIB.

Adapun periode perjalanan angkutan sepeda motor gratis arus mudik tahun ini akan disesuaikan dengan Hari Raya. Tiket motor akan diberikan saat pengiriman motor di Stasiun Jakarta Gudang dan penyerahan motor diterima 1 hari sebelum keberangkatan sampai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Hermanto menambahkam, pemerintah melalui APBN tahun 2015 mengalokasikan dana antara Rp5 miliar sampai Rp10 miliar untuk mudik gratis sepeda motor ini.

“Dengan tujuan, masyarakat bisa tetap pulang mudik dengan selamat dan menekan angka kecelakaan di jalan raya,” kata Hermanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement