Senin 27 Apr 2015 19:35 WIB

Demokrat: Kemungkinan Syarat Dukungan Hanya 30 Persen

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto
Foto: MgROL30
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Hermanto mengatakan kemungkinan syarat dukunganuntuk bisa maju menjadi calon Ketua Umum Partai Demokrat 2015-2020 adalah sebesar 30 persen. Beberapa pekan terakhir, angka 40 persen dukungan mengemuka. Anggapan itu pun dituding sebagai skenario memuluskan Susilo Bambang Yudhoyono untuk kembali menjadi imam politik Demokrat.

"Apabila ada wacana syarat dukungan calon ketua umum adalah 40 persen sepertinya tidak benar, namun sekitar 30 persen," katanya di Gedung Nusantara III, Jakarta, Senin (27/4).

Menurut dia, syarat dukungan tersebut sudah dalam tahap finalisasi dan secara resmi akan ditanda tangani Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, ujar Agus, pembicaraan tersebut akan terus berkembang hingga keluarnya tata tertib kongres.

"Kami membicarakan syarat dukungan masih berkisar 20-30 persen," ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, dalam Kongres Demokrat pada 11-13 Mei 2015 tidak ada penggalangan dukungan terhadap Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut dia, dukungan dari DPD dan DPC Demokrat seluruh Indonesia terhadap SBY murni sukarela karena menginginkan Demokrat menang di Pemilu 2009.

"Seluruhnya berpendapat Demokrat akan menang di Pemilu 2019 dan Pak SBY masih fokus dipartai sehingga tidak ada penggalangan suara," katanya.

Agus mengatakan, aklamasi di Demokrat bukan diciptakan namun datang sendiri ketika seluruh DPD dan DPC memberikan suaranya kepada SBY. Menurut dia, aklamasi tidak boleh dipermasalahkan karena yang menginginkan adalah pemilik hak suara demi untuk meningkatkan elektabilitas partai di 2019.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement