Senin 27 Apr 2015 11:26 WIB

Dompet Dhuafa Kirim Tim Kemanusiaan ke Nepal

Rep: C83/ Red: Indira Rezkisari
 Sejumlah turis berkumpul di depan kantor travel setelah jadwal penerbangan mereka ditunda, Kathmandu, Nepal, Ahad (26/4). (Reuters/Navesh Chitrakar)
Sejumlah turis berkumpul di depan kantor travel setelah jadwal penerbangan mereka ditunda, Kathmandu, Nepal, Ahad (26/4). (Reuters/Navesh Chitrakar)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Kemanusiaan Dompet Dhuafa segera mengirimkan tim kemanusiaan ke Nepal merespon gempa bumi 7,9 skala richter yang terjadi pada Sabtu (25/4) waktu setempat. Seperti diberitakan, gempa tersebut menewaskan hingga  2.000 jiwa.

"Sesegera mungkin, tim akan hadir di Kathmandu sebagai area fokus misi. Rencannya tim pertama, tim advance akan terbang besok Senin, (hari ini)," kata Direktur Yayasan Pemberdayaan Sosial Dompet Dhuafa, Sabeth Abilawa, Ahad (26/4).

Sabeth menjelaskan, selama di sana tim DMC Dompet Dhuafa akan melakukan koordinasi dengan mitra lokal setempat, Tribhuvan University. Bersama mitra lokal, beberapa aksi akan dilakukan. Seperti mendukung misi penyelamatan dan persediaan fasilitas untuk medis.

Lebih lanjut Sabeth menjelaskan, kondisi geografis Nepal yang tidak memiliki akses laut diprediksikan akan semakin mempersulit penyaluran bantuan kemanusiaan dari luar. Apalagi Bandara Internasional Tribhuvan juga mengalami kerusakan.

Rencananya, selang tiga hari kemudian Dompet Dhuafa akan kembali mengirimkan tim kemanusian gelombang kedua. Tim yang diberangkatkan merupakan tim medis yang berasal dari divisi kesehatan Dompet Dhuafa.

Aksi ini juga sebagai bentuk diplomasi kemanusiaan Dompet Dhuafa sebagai lembaga yang berasal dari Indonesia. “Respon ini adalah ungkapan solidaritas yang tulus dan simpati kepada rakyat Nepal akibat gempa kemarin,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement