Ahad 26 Apr 2015 22:25 WIB

DKI Biayai Pengangkatan Kista Pasien Miskin

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Ilham
Seorang pasien dirawat di sebuah rumah sakit (ilustrasi).
Foto: Antara
Seorang pasien dirawat di sebuah rumah sakit (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- RSUD Budi Asih, Jakarta Timur saat ini sedang merawat M, seorang pasien Kista Ovarium Permagna. Pembiayaan selama pengobatan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena M tergolong pasien kurang mampu.

Sebelum dirawat di RSUD Budi Asih, M telah menjalani pemeriksaan di beberapa RS sejak beberapa tahun. Namun, karena khawatir masalah biaya, pengobatan tidak dilanjutkan. Padahal, biaya pengobatan dapat dilakukan melalui mekanisme BPJS kesehatan.

 

Pelaksana tugas Direktur Bina Upaya Kesehatan Rujukan Kemenkes, Dokter Eka Viora mengatakan, operasi pengangkatan kista pasien M akan segera dilakukan. "Pengangkatan kistanya dilakukan di RSUD Budi Asih. Namun, ini bisa dilakukan setelah serangkaian pemeriksaan selesai," katanya, Ahad, (26/4).

Pasien M sebelumnya diberitakan menderita kanker serviks dan ditolak dirawat di empat  rumah sakit. Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui bahwa M tidak menderita kanker serviks melainkan kista. Akhirnya tidak ditolak berobat di rumah sakit.

Menurut keluarga, M pernah diperiksa di RSUD Pasar Rebo, dan disarankan untuk pemeriksaan BNO-IVP. Keluarga pasien mencari informasi pemeriksaan sejenis di RSUD Budi Asih karena alat di RSUD Pasar Rebo sedang rusak. Namun, karena terbentur masalah biaya, pasien tidak melanjutkan pengobatan ke rumah sakit lain. Sejak itu pasien hanya berobat alternatif.

Saat ini, pasien M masih menjalani pemeriksaan di RSUD Budi Asih dan akan dioperasi setelah rangkaian pemeriksaan selesai. Pasien M sudah tidak khawatir lagi setelah mengetahui pembiayaan atas penyakitnya ditanggung Pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement