Ahad 26 Apr 2015 18:43 WIB

Banyuwangi Gelar Festival Kali Bersih

Bupati Banyuwangi, Azwar Anas
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Bupati Banyuwangi, Azwar Anas

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terus melakukan terobosan untuk mengajak masyarakat setempat berpartipasi aktif dalam berbagai bidang. Di bidang lingkungan, program terbaru yang juga mampu melibatkan masyarakat banyak adalah "Festival Kali Bersih" di sejumlah sungai, Ahad (26/4).

Festival itu dimulai dari Sungai Lo yang terletak di pusat kota dan dipimpin langsung  Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Ratusan warga ikut terlibat dan kompak untuk turun ke sungai.

Bupati yang terdolong berusia muda ini berbaur dengan warga memunguti sampah-sampah yang menggenang maupun yang hanyut terbawa arus air. Selain bupati, bersih-bersih sungai itu juga dihadiri seorang bintang asal Jakarta yang mampu menyedot perhatian masyarakat. Dia adalah seorang komedian, Raditya Dika.

Penulis dan sutradara film ini memberikan apresiasi positif terhadap program Pemkab Banyuwangi yang dikemas dalam bentuk festival sehingga menyenangkan bagi warga itu. "Selain bisa membuat warga kompak, dampak lainnya dari program bersih-bersih sungai ini adalah kebersihan lingkungan. Anak muda Banyuwangi harus ikut menyukseskan program lingkungan seperti ini," katanya.

Bupati Anas mengemukakan Festival Kali Bersih ini melengkapi gerakan peduli kebersihan lingkungan yang sudah dicanangkan sebelumnya, yaitu Festival Toilet Bersih pada Januari lalu. "Kedua kegiatan itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Banyuwangi Festival 2015," katanya.

Dikatakan, festival kali bersih itu merupakan cara baru untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat yang dipimpinnya terhadap kebersihan sungai. Sehingga sungai bisa berfungsi sebagaimana mestinya.Menurut dia, pihaknya mengemas acara itu dengan nama festival karena festival identik dengan rasa senang. Dengan rasa senang akan tumbuh semangat untuk terus membersihkan sungai dari segala sampah maupun limbah dari rumah tangga ataupun industri.

"Lewat gerakan ini sekaligus kami juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai," ujar mantan anggota DPR RI ini.

Anas

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement