Ahad 19 Apr 2015 23:35 WIB

Jabatan Eselon Empat di Banyumas akan Dilelang

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Julkifli Marbun
ilustrasi (Republika/ Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
ilustrasi (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pengisian jabatan eselon IV di lingkungan Pemkab Banyumas, tidak lagi diisi berdasarkan penilaian yang dilakukan atasan masing-masing pegawai yang dicalonkan mengisi jabatan itu. Namun akan diisi melalui sistem lelang atau seleksi terbuka.

"Terkait perubahan ini, sebanyak 24 jabatan eselon IV yang saat ini mengalami kekosongan, akan diisi dengan sistem lelang atau seleksi terbuka," kata  Kepada BKD Kabupaten Banyumas Achmad Supartono, Sabtu (18/4).

Untuk itu, jelas dia, pejabat yang memenuhi syarat untuk menduduki jabatan eselon IV, bisa melakukan pendaftaran yang akan dibuka selama sembilan hari, mulai 21 April hingga 29 April 2015.

Pegawai yang memenuhi persyaratan, mengajukan permohonan pendaftaraan kepada Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan Kabupaten Banyumas d/a Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banyumas.

Menurutnya, dilaksanakannya sistem seleksi terbuka pengisian jabatan pengawas (eselon IV), merupakan tindak lanjut dari Peraturan Bupati Banyumas Nomor 12 Tahun 2015 tentang Seleksi  Terbuka Jabatan pimpinan Tinggi Pratama dan Jabatan Administrasi.

Menurutnya, ke-24 jabatan eselon IV yang akan diisi dengan sistem seleksi terbuka, antara lain terdiri dari jabatan Kasubag Administrasi & Umum Inspektorat, Kasi Pelayanan Medis II RSUD Banyumas, Kasi Pengendalian Mutu Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Kepala Puskesmas II Tambak, Kasubag Bina Program Dinsosnakertrans, Kasubag Keuangan BPMPP, Kasubag Umum Bapeluh KP, Kasi Distribusi dan Infgormasi Dinsosnakertrans, Kasubag Penelahan dan Dokumentasi Hukum Bagian Hukum Setda, Kepala Kebun Bibit Permanen Dinpertanbunhut, Kepala Unit SDABM wilayah Ajibarang dan Sumpiuh Dinas SDABM, Kasi Trantibum Kecamatan Sumbang, Kasi Pemerintahan Kecamatan Pekuncen, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Jatilawang.

Sedangkan untuk Eselon IV/b, terdiri dari Kasubag Umum Kecamatan Baturraden dan Kembaran, Kasubag Tata Usaha Unit Perbekalan alat Kesehatan dan Farmasi Dinas Kesehatan, Kasubag Tata Usaha UKP Wil Ajibarang DCTKKTR, Kasubag Tata Usaha RPH Wilayah Timur Disnakan, dan Sekretaris Kelurahan Karangpucung dan Pabuwaran.

Persyaratan pegawai yang bisa mendaftar mengisi jabatan ini, antara lain berasal dari kalangan PNS dengan golongan terendah  III/b untuk eselon IV/a dan III/a untuk eselon IV/b, memiliki pendidikan formal yang relevan dengan jabatan yang diinginkan,  memiliki kinerja yang baik selama 2 (dua) tahun terakhir,  tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, serta tidak dalam status tersangka kasus tindak pidana korupsi, narkoba, dan pidana umum.

Sedangkan kelengkapan lamaran yang diajukan, menurut  Supartono, mengajukan surat lamaran bermeterai 6000, foto copy ijazah terakhir, SK Pengangkatan daalam pangkat terakhir, SK pengangkatan dalam jabatgan terakhir, Sertifikat Diklat Teknis maupun fungsional, DP-3 tahun 2013 dan SKP 2014, surat tidak pernah menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, surat pernyataan tidak dalam status tersangka tidak pindana korupsi, narkoba, pidana umum yang ditanda tangani oleh atasan langsung, serta foto copy sertifikat pengadaan barang/jasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement