Jumat 17 Apr 2015 09:29 WIB

Dadang Nasser Sambangi Para Mantan Bupati

Rep: c 12/ Red: Indah Wulandari
Bupati Bandung Dadang Nasser
Foto: bppd
Bupati Bandung Dadang Nasser

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Bupati Bandung Dadang Mochamad Nasser mengunjungi rumah-rumah mantan bupati Bandung belum lama ini. Kunjungan tersebut memang menjadi agenda tahunan bagi para petinggi di Kabupaten Bandung.

"Kegiatan ini merupakan penghargaan dan upaya kita untuk mengenang jasa mereka saat mendirikan dan membangun Kabupaten Bandung hingga kini," tutur Dadang, Jumat (17/4).

Mantan Bupati Bandung yang pertama kali disambangi, yakni Bupati Bandung ke-20 Lily Sumantri di Gegerkalong, Bandung.

Dari situ, Dadang yang didampingi Wakil Bupati Bandung Deden Rukman Rumaji, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira, berlanjut ke rumah mantan bupati Bandung periode 1990 sampai 2000, Hatta Djatipermana di Cipaku.

Setelah rumah Hatta, lalu menuju rumah mantan Bupati Bandung periode 1980-1985, Sani Lupias Abdurachman, di Sidomukti, lalu ke rumah mantan Bupati Bandung Periode 1985-1990, Cherman Effendi di Hegarmanah.

Rumah terakhir yang dikunjungi, yakni Bupati Bandung periode 2000-2010, Obar Sobarna di Rajamantri, Buah Batu, Bandung.

Sebelumnya, sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam merayakan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-374, juga telah dilakukan ziarah ke makam-makam leluhur Bandung, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Dalem Kaum Bandung, Pemakaman Karang Anyar di Dewi Sartika, dan Makam Leluhur Bandung Timbanganten Dayeuhkolot.

Dadang menuturkan, jasa mereka sangat besar ketika membangun Kabupaten Bandung. "Keteladanan dan kebersahajaannya patut saya tiru,” kata Dadang.

Bagi dia, para pendahulu di Kabupaten Bandung itu sangat berjasa dalam membangun Kabupaten Bandung.

Salah satu mantan Bupati Bandung periode 1985-1990, Cherman Effendi mengaku sangat senang dengan kunjungan tersebut. Sebab, baginya, itu layaknya penghargaan karena masih diingat.

"Kalau dalam bahasa Sunda mah asa dijelemakeun," tutur dia.

Sementara itu, Lily, bupati Bandung ke-20, menyampaikan bahwa Pemkab Bandung perlu lebih memperhatikan pendidikan di kabupaten.

Salah satunya, dengan memberikan perhatian kepada Universitas Bale Bandung. Karena, perhatian kepada pendidikan itu bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement