Rabu 15 Apr 2015 13:30 WIB

Wah, Ekspor Ikan Hias dari Sulut Naik 100 Persen

Ikan hias
Foto: Republika/Prayogi
Ikan hias

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara menyatakan kinerja ekspor ikan hias dari daerah setempat hingga Februari 2015 mengalami peningkatan 100 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Permintaan ikan hias yang cukup tinggi ini menandakan produk tersebut sangat disukai negara tujuan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Rabu (15/4).

Dia mengatakan ekspor ikan hias Sulut baru ke satu negara, yakni Thailand, namun permintaannya terus meningkat. Hingga Februari 2015, Sulut telah mengeskpor ikan hias ke Thailand mencapai 144 kilogram. Sumbangan untuk devisa negara dari ekspor tersebut mencapai sekitar 1.600 dolar Amerika Serikat.

Ia menjelaskan peningkatan ekspor ikan hias Sulut yang mencapai 100 persen itu, dibandingkan dnegan posisi yang sama pada tahun sebelumnya yang tercatat 75 kg dengan nilai 1.600 dolar AS. Ia mengakui dari sisi nilai memang tetap, karena harga satuan ikan hias yang mengalami penurunan dari 21,33 dolar AS per kg menjadi 14,04 dolar per kg.

Ia mengharapkan pengekspor meningkatkan kualitas produk sehingga mampu dihargai pembeli lebih tinggi. Dia mengatakan ikan hias hidup merupakan produk baru yang diekspor sehingga peningkatan volume tersebut menandakan produk tersebut cukup diminati.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement