Selasa 14 Apr 2015 09:37 WIB

Kawasan Malioboro akan Ditata dengan Tema Urban

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Indah Wulandari
 Jalan Malioboro di Yogyakarta.
Foto: Antara/Noveradika
Jalan Malioboro di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Detail Engineering Design (DED) untuk penataan Malioboro sudah disinkronkan dengan hasil sayembara desain penataan kawasan Malioboro serta siap diimplementasikan tahun 2016 mendatang dengan tema urban.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP dan ESDM) DIY Rani Sjamsinarsi mengungkapkan,  DED penataan kawasan Malioboro yang selesai tahun ini untuk fasat, titik nol, dan pedagang kaki lima.

“Akhir tahun ini DEDnya selesai dan mulai tahun 2016 sudah mulai diimplementasikan,’’jelas dia, Senin (13/4).

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti pun mengakui, desain penataan kawasan Malioboro sudah disinkronkan dengan pemenang sayembara desain penataan kawasan Malioboro.

‘’Tetapi yang saya inginkan lebih detail dan teknis lagi, tahapannya seperti apa untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Kalau DED sampai 10 tahun lagi. Untuk itu kami mohon partisipasi masyarakat karena Malioboro bukan hanya milik masyarakat kota Yogyakarta saja,’’tuturnya.

Sementara itu, perencanaan awal di titik nol desain disesuaikan dan akan digarap lebih detail lagi. “Tema perpanjangan fasat tugu,  di titik nol dibuat urban contemporer plaza,’’jelas salah seorang pemenang sayembara desain penataan Malioboro Adyasa Fabrian Gusma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement