Senin 13 Apr 2015 20:56 WIB

Sinabung Diterjang Banjir Lahar Dingin, Dua Desa Terputus

Rep: Ahmad Rozali/ Red: Djibril Muhammad
Rumah warga  rusak akibat tertimpa material dan debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung di Desa Guru Kinayan,  Payung, Karo, Sumatera Utara, Jumat (3/4).  (Antara/Irwansyah Putra)
Rumah warga rusak akibat tertimpa material dan debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung di Desa Guru Kinayan, Payung, Karo, Sumatera Utara, Jumat (3/4). (Antara/Irwansyah Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN – Sebanyak 13 rumah di Desa Perbaji Kecamatan Tiganderket Kabupaten Tanah Karo ditenggelamkan banjir lahar dingin dari Gunung Sinabung. Ke-13 rumah tersebut disebut berada di saluran irigasi sehingga menghambat jalur aliran lahar.

"Karena ada 13 rumah di atas saluran irigasi itu jadi saluran irigasi jadi kecil," ujar ujar Dandim 0205/TK, Letol Inf Asep Sukarna kepada Republika, Senin (13/4).

Dia mengatakan sedang merencanakan untuk merelokasi belasan rumah tersebut. Untuk itu, dia bersama sejumlah stake holder setempat akan segera melakukan pertemuan guna membahas relokasi rumah terebut.

"Nanti akan dibicarakan relokasinya. Kalau mau aman sepertinya memang harus direlokasi. Makanya nanti akan dibicaraan dulu," ujarnya.

Dia menyebut, selain desa Perbaji, akses ke desa mardinding juga terputus akibat banjir tersebut. Sehingga menyulitakn warga desa tersebut untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

"Ada dua desa yang terkena banjir lahar dingin yakni Desa Perbaji  dan Mardiding," katanya menambahkan.

Dia mengatakan hujan deras yang mengguyur puncak Gunung Api Sinabung, Kabupaten Karo, Sumut, Ahad (12/4) sejak pukul 14.38 WIB hingga 16.57 WIB memicu terjangan aliran lahar dingin ke sejumlah desa di lereng Sinabung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement