Kamis 09 Apr 2015 20:01 WIB

Sukhoi TNI AU Beberapa Kali Usir Pesawat Asing

Pesawat Sukhoi SU-35.
Foto: Ausairpower
Pesawat Sukhoi SU-35.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Pesawat Sukhoi TNI AU yang siaga di Batam, Kepulauan Riau, beberapa kali mengusir pesawat asing yang memasuki wilayah kedaulatan NKRI tanpa izin, kata Komandan Lanud Tanjungpinang Letkol Pnb I Ketut Wahyu Wijaya. "Bahkan, baru-baru ini pesawat Sukhoi memaksa pesawat dari Singpura mendarat di Pontianak, Kalimantan Barat," katanya di Tanjungpinang, Kamis (9/4).

Dia menjelaskan pesawat asing itu dipaksa mendarat di Pontianak lantaran terlalu jauh masuk ke wilayah udara NKRI. Patroli di wilayah udara Kepri rutin dilakukan. Selain itu, TNI AU juga memantau aktivitas di wilayah kedaulatan RI melalui satelit. Dari pemantauan selama ini, lanjutnya, TNI AU berhasil mengusir pergi empat pesawat penyusup yang masuk ke ruang udara NKRI.

Namun menurutnya, tidak semua pesawat asing yang masuk tanpa izin ke ruang udara NKRI dipaksa mendarat oleh TNI AU. "Ada juga yang cukup diperingatkan dengan komunikasi, sudah bisa langsung keluar dari wilayah NKRI atau sudah langsung balik kanan. Pemaksaan mendarat itu apabila mereka tidak bisa dikomunikasikan lagi," katanya.

Sementara pesawat asing yang mengancam pertahanan dan keamanan negara hanya diberi dua pilihan. Bila tidak mengindahkan peringatan yang diberikan pesawat berpilot anggota TNI AU, maka akan dihancurkan. "Jika pesawat penyusup berjenis militer maka hanya ada dua pilihan, diperingatkan atau dihancurkan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement