Kamis 09 Apr 2015 16:07 WIB

Hasto: Tak Ada Jabatan Wakil Ketum PDIP

Plt. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristanto
Foto: Republika/ Wihdan
Plt. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristanto

REPUBLIKA.CO.ID, SANUR-- Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan tidak ada jabatan wakil ketua umum pada struktur kepengurusan DPP PDI Perjuangan periode 2015-2020.

"Jabatan wakil ketua umum belum diperlukan di PDI Perjuangan," kata Hasto Kristiyanto di lokasi Kongres IV PDI Perjuangan di Sanur, Bali, Kamis (9/4).

Hasto mengatakan hal itu menjawab pertanyaan pers seputar wacana akan adanya jabatan wakil ketua umum pada struktur DPP PDI Perjuangan periode 2015-2020 yang akan diisi oleh Puan Maharani. Menurut Hasto, dari pembicaraan dan pembahasan yang berkembang di DPP PDI Perjuangan maupun di kepanitiaan kongres, PDI Perjuangan belum membutuhkan jabatan wakil ketua umum.

"Ada tidaknya jabatan wakil ketua umum, hal itu merupakan hak prerogatif ketua umum," katanya.

Ia menambahkan, sudah menjadi keputusan rapat kerja nasional (Rakernas) PDI Perjuangan di Semarang, pada September 2014 dan keputusan PDI Perjuangan di semua tingkatan untuk mengukuhkan kembali Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum selama lima tahun ke depan.

Menurut Hasto, sesuai aturan di AD/ART partai, ketua umum terpilih akan menjadi formatur tunggal untuk mengisi struktur kepengurusan DPP PDI Perjuangan selama lima tahun ke depan. "Soal struktur kepengurusan, merupakan kewenangan Ibu Megawati). Beliau yang akan menyusun," ujar Hasto.

Kongres IV PDI Perjuangan diselenggarakan di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Bali, pada 9-12 April 2015.

Hadir pada pembukaan kongres antara lain, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri kabinet yakni Menko Pembangunan Manusia dan Perempuan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Hukum dan HAM.

Hadir juga Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Hanura Wiranto, Ketua Umum PKPI Soetiyoso, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy. Hadir juga sejumlah kepala daerah dari PDI Perjuangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement