Rabu 08 Apr 2015 15:36 WIB

Deklarator Malino II Menilai Badrodin Layak Jadi Kapolri

Komisaris Jenderal Pol Badrodin Haiti.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Komisaris Jenderal Pol Badrodin Haiti.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Komjen Badrodin Haiti dinilai layak untuk menjadi Kapolri. Sebab, Akpol 82 tersebut merupakan perwira terbaik peraih Adhi Makayasa, berpengalaman di lapangan dalam menyelesaikan konflik, serta kemampuannya dalam memimpin saat diberi amanah sudah terbukti.

"Saya melihat Badrodin Haiti sangat berpengalaman. Saya yakin Badrodin Haiti yang bisa menciptakan rasa aman terkait konflik dan tindakan kekerasan di Poso, pasti mampu menciptakan suasana keakraban terhadap institusi penegak hukum termasuk KPK," kata Deklarator Malino II Poso Damai, Sofyan Faried Lembah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/4).

Sofyan menilai, profesionalitas Badrodin Haiti sudah teruji dan dikenal dengan perang kota saat menindak para pelaku tindak kekerasan yang ada di Poso saat menjabat kapolda Sulawesi Tengah. "Bahkan Badrodin Haiti sebagai Pati Polri turun langsung di TKP dan berkantor di Poso selama enam bulan hingga kondisi Kabupaten Poso benar-benar aman," kata Sofyan.

Apalagi, menurut Sofyan yang juga Kepala Perwakilan Ombudsman Sulawesi Tengah, beberapa hari terakhir ini, Badrodin Haiti telah mulai memperlihatkan kepemimpinannya sebagai wakapolri yang melaksanakan tugas kapolri dan institusi Polri saat ini semua berjalan aman dan terkendali hingga ke tingkat paling bawah.

Dukungan senada juga disampaikan. Ketua Badan Kerja Sama Umat (BKSU) Kristiani Kota Palu, Freddy Pollo. Dia mendoakan agar Komjen Polisi Badrodin Haiti segera dilantik jadi kapolri setelah menjalani fit propor test di Komisi III DPR.

"Saya yakin nantinya setelah jadi kapolri , institusi ini akan lebih profesional dalam tugas utamanya dalam hal penegakkan hukum, termasuk pembenahan internal," kata Freddy.

Sementara itu, Koordinator Bakornas Independen Police Watch, Samad Mustahi, menilai sikap sabar dan matang dalam menghadapi situasi abnormal menjadi modal Badrodin Haiti dalam memimpin Polri. Apalagi sudah terbukti, Badrodin selalu dihadapkan dengan masalah ketika mendapat promosi jabatan, seperti saat ini. "Dengan kesabaran dan pengalamannya selama ini, dia akan mampu mengembalikan citra Polri sebagai penegak hukum, pelindung, pengayom serta pelayan masyarakat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement