Selasa 07 Apr 2015 19:46 WIB

PPP: Budi Gunawan Penuhi Syarat Jadi Wakapolri

Rep: C82/ Red: Bayu Hermawan
Calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan menghadiri sidang paripurna  penetapan Calon Kapolri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (15/1). (Republika/Agung Supriyanto)
Calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan menghadiri sidang paripurna penetapan Calon Kapolri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (15/1). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR memberikan sinyal mendukung Komjen Budi Gunawan menjadi Wakapolri.

Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani mengatakan, Budi Gunawan yang telah melewati rangkaian proses untuk menjadi Kapolri sebelumnya, dianggap telah memenuhi syarat untuk menduduki jabatan Wakapolri.

"Bukan layak atau tidak layak, tapi dia bisa memenuhi syarat sebagai Wakapolri, diajukan saran saja untuk mengusung dia sebagai Wakapolri," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (7/4).

Ia mengatakan, beberapa fraksi yang ikut dalam rapat konsultasi dengan Presiden Jokowi kemarin memang menyarankan Budi Gunawan menjadi Wakapolri. Ia pun mengaku sepakat dengan usulan tersebut mengingat beberapa hal yang jadi pertimbangan.

"Tujuannya bagus, agar segera menyelesaikan masalah Polri. Pak BG itu kan banyak pendukungnya. Selain itu, Pak BG memang bagus visi dan misinya. Kita DPR minta itu dilaksanakan," jelasnya.

Meski begitu, Arsul mengatakan, pihaknya akan tetap menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi. Hal tersebut, lanjutnya, mengingat DPR yang tidak memiliki kewenangan untuk menentukan nama Wakapolri.

"Tetapi persoalannya Wakapolri itu domainnya Kapolri, Wanjakti dan presiden.DPR hanya menyarankannya," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement