Selasa 07 Apr 2015 18:15 WIB

Mahasiswa Tewas di Danau UI Hobi Naik Gunung

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Ilham
Danau UI
Foto: iftfishing
Danau UI

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kepala Departemen Biologi Universitas Indonesia (UI), Yasman mengungkapkan, mahasiswa Jurusan Biologi UI, Akseyna Ahad Dori (19) yang mayatnya ditemukan mengambang di Danau Kenanga, Balairung UI, Depok pada Kamis (26/3) lalu aktif sebagai anggota kelompok studi Canopy. 

''Selain kebiasaannya membaca buku di perpustakaan UI dan di Masjid UI, juga ikut salah satu kegiatan kelompok studi bernama Canopy,'' ungkap Yasman.

Menurut Yasman, masuk kelompok studi ini sifatnya wajib sejak angkatan 2012. Di Fakultas Biologi UI, ada tiga kelompok studi yang wajib diikuti mahasiswa Biologi UI, yakni kelompok studi Canopy  yang merupakan kelompok yang mencintai flora. Lalu ada kelompok studi Comata yang mencintai fauna dan kelompok studi Sigma yang mencintai kehidupan laut. 

''Setiap kelompok studi punya acara pelantikan bagi mahasiswa yang baru tergabung di dalamnya. Dan Akseyna juga tak luput dari kegiatan pelantikan yang dilaksanakan kelompok studinya yang biasanya dilakukan di gunung,'' tuturnya.

Diutarakan Yasman, dari informasi yang didapaynya, biasanya, selama rangkaian satu malam pelantikan, panitia akan membuat banyak pos di sepanjang jalur pendakian di gunug. Pos-pos itu berisi tugas bagi calon anggota terkait dengan materi yang sebelumnya sudah dibagikan. Jika berhasil, mereka dapat lanjut hingga ke pos terakhir untuk mencapai acara puncak, yaitu pelantikan.

Kelompok studi Canopy rutin menyelenggarakan kegiatan trekking, naik gunung, atau menelusuri kawasan hutan untuk meneliti jenis flora tertentu. ''Informasi yang saya dapat Akseyna dikenal gemar naik gunung sehingga tidak pernah melewatkan kesempatan untuk bergabung dalam setiap acara naik gunung yang diadakan kelompok studi Canopy,'' pungkas Yasman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement