Ahad 05 Apr 2015 19:56 WIB

BNPB: 4 Gunung Berstatus Siaga, Warga Diminta Waspada

Rep: c15/ Red: Maman Sudiaman
Gunung Soputan, Minahasa
Foto: Flickr
Gunung Soputan, Minahasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Humas dan Pusat Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo mengatakan saat ini ada empat gunung di Indonesia yang berstatus siaga (level 3). Aktivitas keempat gunung ini masih dalam tahap pantuan khusus PVMBG.

Empat gunung yang berstatus siaga saat ini adalah Gunung Soputan, Gunung Sinabung, Gunung Karangetang dan Gunung Lokon. Keempat gunung tersebut menunjukan aktivitasnya sejak awal Januari 2015. Aktivitas gunung saat ini menurut Sutopo menunjukan tanda-tanda seperti gempa vulkanik, mengeluarkan gas dan tremor. Hingga saat ini empat gunung tersebut belum menunjukan kenaikan level.

"Pihak kami juga sudah meningkatkan kewaspadaan dan memberikan informasi terhadap warga sekitar gunung agar tetap waspada," ujar Sutopo saat dihubungi Republika Online, Ahad (5/4).

Sutopo mengatakan untuk saat ini Gunung di Indonesia mengalami peningkatan aktvitas. Namun, banyak warga masih kerap beraktivitas diseputaran kaki gunung. Hal ini masih bisa dilakukan sampai ada peningkatan aktivitas yang lebih tinggi lagi. Jika hal tersebut terjadi, dimungkinkan adanya pengungsian bagi semua warga ke tempat yang lebih aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement